Pages

Mudahnya menulis Motlet (Motivation Letter)

Kita awali dengan sebuah modifikasi quote 'By failing to PREPARE your Motlet, you are preparing to FAIL your study'. Kenapa karena Motletlah rayuan maut yang kita utarakan dalam bentuk tulisan. Isinya adalah persuasi tentang siapa kita, apa yang sudah kita kerjakan, dan kenapa kita layak untuk dipilih. Saat kamu sampai di bab ini, saya berasumsi bahwa kamu sudah selesai membaca dan berlatih di Bab Menulis Itu Mudah. Nah di bab ini, utamanya kamu belajar apa yang mau ditulis di dalam motlet. 

Dulu saya diminta untuk menulis Personal Statement dan Study Objective saat pendaftaran beasiswa. Tapi untuk aplikasi beasiswa kekinian kita hanya perlu menulis Motivation Letter yang saya lihat isinya kombinasi dari Personal Statement dan Study Objective. 
  1. Personal Statement membahas Past to Present. Membahas siapa kita, apa saja yang telah dikerjakan, apa saja yang sedang dikerjakan, dan visi kedepan apa yang kita miliki 
  2. Study Objective membahas Present to Future. Membahas mau sekolah jurusan apa, dimana, kenapa sekolah disitu, kenapa penting sekolah dijurusan itu, trus karir ke depan mau apa, apakah program yang akan kita ambil mendukung karir kita ke depan 
Berkaca dari pengalaman saya dulu, kemudian melihat bentuk yang kekinian, untuk motlet kurang lebihnya berciri seperti di bawah ini: 
  1. Biasaya ditulis dalam satu lembar A4 
  2. Spasi 1 
  3. Margin 3,3,3,3 
  4. Isinya tentang past to future 
  5. Dibagi menjadi 4 paragraphs 
    • Introduction
    • What are you doing? 
    • What course and why? 
    • Future Plan 
Untuk paragraph 1. Introduction berisikan 
  1. Apa yang ingin kamu tonjolkan 
  2. Buat pembaca tertarik kepadamu 
  3. Bagian ini menentukan apakah reviewer akan melanjutkan ke paragraf berikutnya atau menyisihkan motlet kita 
Untuk sample saya kasih yang paling baru, masih fresh from the oven, membuat MotLet untuk mendaftar ASEAN Model Meeting 

  • Our team members are likely brothers in arm during the world-war that we always follow the rule of together we stand, divided we fall. Through the year of 2017 until this present time, we have learnt rigorous experience of being global citizen in the program of Go Change in IAIN Salatiga. Involving this program, we firstly commit transforming ourselves before applying exchange programs, international conferences, youth camp, workshop, trainings, and national international competitions. As result, this is who we are now of being not only active students attending the classes but also competitive personals that vigorously seek the next level of our potentials. 
Paragraph ke 2 dari Motlet adalah what are you doing? 'lagi ngapain aja sekarang'. Nah bagi kita yang KuPu, Kuliah Pulang, atau KePu, Kerja Pulang. Hidup hanya untuk diri sendiri pasti bingung saat menuli paragraph 2. Maka mulailah AKTIF memanfaatkan waktu untuk kerja secara professional ataupun kerja sosial. Secara garis besar paragraph ini bisa berisi 
  1. Ceritakan apa saja yang sedang kita kerjakan 
  2. Pastikan apa yang kita kerjakan ada kaitannya dengan jurusan yang akan kita ambil 
  3. Atau apa yang kita kerjakan memberikan kita pengalaman yang mendukung penyelesaian rencana belajar kita 
  4. Apa hasil dari kegiatan kita tersebut 
Berikut contohnya 

  • Typically, we are all in the 4th semester of English Education Department of IAIN Salatiga, finding ourselves with books, assignments, and deadlines. Instead of that, we are still capable to manage our time to take part in many events, and manage both internal and external organizations such as Communicative English Club, GREAT (Gerakan Kerelawanan Internasional), Youth Interfaith Peace Camp Forum, Young On Top, and etc. From all of those activities, we learn how to communicate inter-personally, work together as a team, lead a project, manage our time, prioritize the schedule, make decision, and be considerable with others. 
Lanjut paragraph 3. Mau jurusan atau bidang apa, dan kenapa? Di paragraph ini kita mencoba menjelaskan hal-hal berikut 
  1. Jelaskan jurusan apa yang ingin kamu ambil 
  2. Jelaskan mengapa mengambil di kampus tersebut 
  3. Jelaskan mengapa jurusan itu penting 
  4. Adakah isu terkini yang bisa dikaitkan 
  5. Tambahkan fakta dari referensi yang kita punya 
More or less contoh yang saya kasih hari ini isinya juga menggunakan referensi itu. Mungkin agak sedikit berbeda karena dipakai untuk mendaftar di forum ASEAN bukan ke kampus. 11 12 ya, jadi tinggal modifikasi sedikit 

  • Based on the above reason, we are confident to challenge ourselves tasting the 4th ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting 2018, envisioning ourselves among other teams from ASEAN countries and being steady to connect, inspire, interact, and collaborate for better and brighter future generation. To bear in mind, Indonesia is one of founders and members of ASEAN, so we have obligation to support this institution in order to maintain and intensify the regional communication and cooperation. Today’s time is our chance to explore, observe and understand the Model ASEAN Meeting of how this organization develops diplomacy and makes decisions related to regional issues. In the future time, we can take a lesson learn from this experience in order to modify and create our own world, a better one, taking our part resolving the incoming issues of ASEAN. 
Lanjut paragraph 4. Tentang rencana masa depan setelah kuliah selesai atau setelah mengikuti program. Ada quote menarik yang sudah saya pakai sejak kuliah s1. Saya berafirmasi dan bilang ke diri saya sendiri 'Future belongs to the one who has vision today' masa depan punya kita, orang-orang yang memiliki visi hari ini. Sudahkah punya impian ke depan dan siap kita tulis untuk kita tunjukkan ke dunia? Ini lah saatnya. Yayasan-yayasan besar hari ini memiliki motto 'Invest to the future, invest on people'. Model-model beasiswa hari ini kebanyakan minta orang-orang yang memiliki jiwa pemimpin yaitu jiwa yang memiliki visi jauh ke depan, tahu arah yang dituju, tahu caranya mencapai itu, dan berkarya nyata menuju kesana. Di paragraph 4 ini isinya apa saja ya kira-kira? 
  1. Jelaskan apa yang ingin dikerjakan setelah lulus nanti 
  2. Pastikan rencana tersebut masuk akal 
  3. Rencana tidak harus muluk dan skala nasional internasional 
  4. Bisa dikaitkan dengan bagian paragraf ‘What are you doing’ 
  5. Atau membuat rencana baru yang sesuai dengan jurusan yang diambil 
Contohnya dibawah ini 

  • We strongly believe that extraordinary experiences awaits in the ASEAN summit. By taking a direct simulation in the head quarter of ASEAN, we will have a better visual about the importance of ASEAN and how it works. Instead of improving our capacity, this life experience will be more advantageous when we can share it to our friends and colleagues in our organizations. Learning, inspiring, and replicating the knowledge to others will be our reflection to echo and spread our experience. We learn how to think globally during the summit, but further we need to act locally starting from our contexts. We will do our part by arranging sharing sessions with the committee of student representative from each department and faculty in IAIN Salatiga. We assure that the committee is the proper representative to share with and make them as the role model for all students in IAIN Salatiga. We believe it happens starting from us because Together wE Achieve Miracle. 
Kalau mau lihat more samples masih banyak, ga usah kawatir, cuman saya harus kulik-kulik email. Isinya kalau ga konsultasi CV ya Motlet. Dari jurusan yang saya paham sampai yang model off beat juga ada. Sementara tak kasih yang dua ini dulu 

No comments:

Post a Comment

Komen Anda akan melalui tahap moderasi oleh admin (Your comment is under moderation)