Pages

Panduan Gratis Kursus Inggris


Ide membuat kursus bahasa Inggris online muncul pada tahun 2013 dan akhirnya mulai dilaksanakan pada bulan Mei 2013. Hitung-hitung sambil memperingati hari Pendidikan Nasional. Mengapa pilihan kita jatuh kepada kursus yang bersifat online? Beberapa alasannya adalah jumlah peserta yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, belajar kapanpun kita mau sesuai waktu luang, dannnnn sesuai kecepatan kita masing-masing.

Semoga ya... sesuai harapan kita bersama; tetap senang dan nyaman dalam belajar.

Kursus tersebut kita mulai dengan ide sederhana dengan membuat group FB GRATIS Kursus Inggris. Hayo pada ngaku semua, matanya pada ijo kan kalau lihat kata GRATIS, dan semoga kita bisa istiqomah memberikan pendidikan gratis ini kepada teman-teman semua. Tujuan grup ini utamanya adalah membangun lingkungan berbahasa Inggris. Ingat ya lingkungan, jadi di grup tersebut kita boleh melakukan apapun asal menggunakan bahasa Inggris atau bilingual (Indonesia & Inggris). Contohnya kita boleh jualan asal dalam bahasa inggris, posting sesuatu, update status, berkomentar ria, menjawab pertanyaan anggota yang lain, berdiskusi, dan berdebat.

Tapi bahasa Inggris saya jelek tu gimana? Coba gunakan fasilitas google translate. Teman-teman cukup menulis dalam bahasa Indonesia dalam kotak yang tersedia, selebihnya copas dari kotak sebelahnya yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Tidak 100% akurat, tapi cukup untuk berkomunikasi interaktif.



Pada akhir tahun 2014 ini kita banyak brainstorming ide-ide baru karena ternyata FB group kurang efektif untuk belajar. Kenapa? karena sifatnya yang sosial media, tempat kita ngumpul melepas penat dan kegalauan, bisnis, dan ngerumpi. Bukan tempat yang isinya untuk mengerutkan dahi tapi lebih ke pada yang sifatnya hepi-hepi.

Resolusi kita di tahun 2014 adalah membuat format baru kursus online tersebut dengan model yang lebih formal dan lebih terorganisir yaitu menggunakan format MOOC (Massive Open Online Course). Yuk join kita! Rencana sih pendaftaran akan dilaksanakan bulan Januari-Februari 2016. Catet tanggalnya dan silahkan siap-siap untuk masuk kelas ya. Ingat, kelas kursus online ini adalah kelas SERIUS untuk belajar bahasa Inggris. Teman-teman akan dituntut untuk banyak membaca, mengerjakan tugas, dan belajar mandiri. Setiap tugas nantinya menggunakan sistem deadline. Jadi kalau tugas kita telat, maka akan otomatis tidak bisa mengumpulkan ulang.

Untuk mata pelajarannya akan bermacam-macam meliputi kelas speaking, writing, reading, listening, scholarship orientation, public speaking, academic presentation, TOEFL, IELTS, dan lain sebagainya sejauh sumber daya pengajarnya ada. Semoga nantinya jadi pendukung belajar dan peningkatan kemapuan bahasa Inggris kawan-kawan semua terutama yang sedang mengejar beasiswa. Berikut beberapa link pendukung yang kita punya:
  1. FB Group GRATIS Kursus Inggris (grup untuk suka-suka dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris)
  2. FB Fans Page Rumah Belajar Aku Bisa (berisi update info kegiatan, Like kita ya, biar tambah beken)
  3. Leader Board (Daftar ketua dan member komunitas GRATIS Kursus Inggris di kotamu untuk belajar lebih intensif)
  4. IM Spot di pojok kiri bawah, tempat untuk diskusi dalam bahasa Inggris (kita delete, karena mengganggu tampilan dan mobile version)
  5. Kelas MOOC (masih masa uji coba sampai dengan Desember 2015, doakan lancar ya...)
  6. Youtube channel Gratis Kursus Inggris

Miftachudin Arjuna

Calon dosen IAIN Salatiga yang masih perlu banyak belajar. Berharap suatu saat bisa jadi ahli bahasa dan teknologi. Lewat tulisan, berusaha menebar semangat dan mendorong kawan-kawan Indonesia mencapai impian-impian mereka ke depan

8 comments:

  1. Yeah this is the better way to make us more active, I am looking forward to joining the program, good luck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Please kindly support the Purwokerto English Community pak Surya. They will be pleased for your help :D

      Delete
  2. cann you help me how to improve my English skill ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. What is you problem in learning English? Mas Abdul Muhsin

      Delete
  3. I wait for the opening group English language courses

    ReplyDelete
    Replies
    1. I am pleased to hear that mbak Uyuk. We are still working on how to manage the group

      Delete
  4. When does the Mooc open for public access? I really want to improve my writing and speaking, in english of course,it's an honor if Ka Miftach would help me,if the mooc still on going, maybe via email.

    ReplyDelete
    Replies
    1. We will inform to our fanspage and our contact list Eryz

      Delete