Pages

Pertanyaan Penting Seputar Beasiswa LPDP


Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau lebih dikenal dengan istilah LPDP adalah salah satu beasiswa yang banyak dicari oleh para Indonesian scholars untuk melanjutkan dan mendukung studi lanjut mereka. Tidak terasa beasiswa sudah berjalan dari tahun 2012 dan menampung lebih dari 54 angkatan. Banyak yang sudah lulus dan mengabdi untuk negeri tapi banyak pula yang masih berjuang mengejar mimpi-mimpi mereka.

Dengan jumlah 4 kali penerimaan dalam dalam satu tahun, beasiswa ini menawarkan peluang yang sangat banyak bagi seluruh lapisan masyarakat. Nah tunggu apa lagi? Bagi kawan-kawan yang masih belum mendapatkan beasiswa tersebut, semangat ya…kita bantu salah satunya dengan acara NOBAR Beasiswa alias Nongkrong Online Bareng Bicara Beasiswa. Bulan Januari 2016 lalu kita sukses mengadakan acara tersebut via WA dan berikut adalah ringkasannya. Bagi yang belum beruntung masuk ke dalam acara tersebut dikarenakan keterbatasan fasilitas dan sumber daya yang kita miliki, catatan berikut semoga menjadi solusi persiapan untuk mendaftar beasiswa LPDP di periode-periode berikutnya.

1. Q: Bagaimana cara mendapatkan LOA?

A: LOA adalah Letter of Acceptance. Intinya kamu harus sudah bisa mendapatkan persetujuan dari universitas yang kamu tuju. Cobalah kontak profesor di luar negeri kemudian ikuti bidang keilmuanya termasuk profil lengkapnya. Kemudian kamu coba buat semacam research proposal tentang ketertarikan terhadap bidang yang sesuai dengan bidang profesor yang kamu tuju dan beri penguatan.

2. Q: Apakah research proposal semacam proposal skripsi?

A: No, research proposal tak perlu panjang. Bisa seperti essay tapi sudah harus menunjukkan minat ke bidang keilmuan tertentu.

3. Q: Untuk contoh LOA apakah kita bisa minta bantuan IDP?

A: Bisa, atau bisa minta tolong teman yang sudah terlebih dahulu tinggal di Univ yang kamu inginkan untuk bantu tapi pada dasarnya LOA lebih ke personal.

4. Q: Bagaimana cara menghubungi profesor di LN dan darimana kita dapat informasi mengenai profesornya?

A: Googling, misal lihat profesor tentang linguistic di Inggris, nanti akan muncul semua profilnya, dalami profilnya yang sesuai dengan minat studimu.

5. Q: Bagaimana cara membuat essay yang baik untuk LPDP?

A: essay yang baik harus menunjukkan kualifikasi dirinya. Banyak awardee yang sudah share tentang essay di google.

6. Q: Apa maksud dari at cost dan paket?

A: At cost itu untuk pembiayaan yang nominalnya bisa saja berbeda-beda tiap universitas dan biasanya ada yang ditanggung awardee dahulu sebelum mendapatkan pembiayaan dan akan di ganti. Sementara yang paket biasanya sudah distandarkan oleh LPDP.

7. Q: Apakah benar jika kita tidak meluluskan kuliah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan kita harus mengembalikan semua biaya yang telah diberikan?

A: Pada dasarnya semua beasiswa pasti terpaku dengan waktu. Jadi kalau sudah niat ya diselesaikan tepat waktu. Jangan parno dulu tentang bisa selesai tepat waktu atau tidak. Believe yourself and stay focus.

8. Q: Berkas apa saja yang harus dipersiapkan? Dan dimanakah berkas TOEFL bisa didapatkan? Serta berapa estimasi biaya yang dibutuhkan?

A: yang penting prioritaskan apa yang utama dulu untuk keperluan administrasi. TOEFL minimal ITP 550. Ambil ujian dimanapun yang ditunjuk ETS penyelenggara TOEFL Internasional.

9. Q: Apakah benar untuk mendaftar LPDP harus mempunyai pengalaman kerja dibidang sarjananya selama 2 tahun?

A: banyak yang fresh graduate dapat master dari LPDP. Ada yang dari Indoensia bagian Timur kan? Coba daftar program afirmasi.

10. Q: kalau sudah membuat akun LPDP reguler lalu ingin membuat akun afirmasi kok tidak bisa ya? Bagaimana solusinya? Apakah afirmasi dan reguler proses seleksinya berbeda? Apakah perbedaan afirmasi dan reguler.

A: proses seleksi hanya berbeda peruntukannya saja. beasiswa juga memberi beasiswa bagi alumni bidikmisi. Akun afirmasi hanya untuk dari Indonesia Timur dan daerah 3T.

11. Q: Tidak punya prestasi tapi aktif dikampus, apakah bisa mendapatka beasiswa?

A: sertifikat tidak begitu diperlukan. Intinya penguatan diri ketika wawancara, LGD dan Essay.

12. Q: Manakah sebaiknya yang harus dilakukan, apakah mendaftar beasiswa terlebih dahulu atau mendapatkan LOA?

A: Kalau ingin lebih prioritas tentunya mendapatkan LOA dulu baru kemudian mendaftar beasiswa. Istilahnya semua sudah siap tinggal mengajukan dananya. Tapi banyak juga yang mendaftar beasiswa sambil mencari dan mendaftar universitas yang dituju untuk mendapatkan LOA.

13. Q: Apa saja tema yang digunakan untuk essay? Bagaimana cara mengatur ide dan waktu, sementara harus menggunakan bahasa inggris dalam penulisanya?

A: intinya banyak membaca buku, koran, nonton berita dan update news. LPDP selalu kekinian. You have to know yourself untuk membuat on the spot essay writting.

14. Q: Bagaimana tips ketika kita sesi LGD? apakah setiap persyaratan harus selalu disertai bukti pembayaran berupa dokumen? Misal seperti kegiatan sosial yang tidak bersertifikat? Apa poin utama yang harus dimiliki pelamar dalam tahap seleksi administrasi?

A: sertifikat tidak masalah, boleh penguatan di CV tapi intinya adalah mental yang harus dipersiapkan. Untuk LGD harus sering lihat berita kekinian yang sering didiskusikan biasanya tema tentang untuk indonesia lebih maju. Administrasi harus sudah fix semua dulu ya sambil buka wawasan tentang berita seputar LPDP

15. Q: Ketika kita sudah mendapatkan LOA dari universitas yang dituju namun tidak ada list dalam beasiswa LPDP apakah kita masih boleh mendaftar beasiswa ke LPDP?

A: Bisa

16. Q: Untuk program master apakah harus linier dengan program S1?

A: No, being linier or not really depend on your choice. Tapi untuk manfaat akademik ilmu memang diperlukan linier

17. Q: Apakah dari LGD dan on the spot essay writting dilihat sifat kepemimpinan dalam kepedulian kita terhadap indonesia?

A: Betul sekali, intinya itu tentang kualifikasi kita kemanfaatan kita bagi sekitar dan sumbang asih kita untuk kebersamaan

18. Q: Pertanyaan apa saja yang diajukan oleh interviewer saat wawancara? Dan dimana tempat wawancara tersebut?

A: Tempat wawancara sesuai dengan aplikasi yang kamu pilih untuk tempat wawancaranya. Pertanyaan pasti seputar personal, akademik, capaian sosial, dan kontribusi. Yang penting tenang dan kuasai pertanyaanya.

19. Q: Wawancaranya kira-kira pakai bahasa indonesia atau bahasa inggris ?

A: Boleh memilih.

20. Q: Tentang wawancara, apakah sripsi kita ditanyakan?

A: Skripsi atau tesis pasti ditanyakan dan pastinya kontribusinya sejauh mana, dipersiapkan matang-matang.

21. Q: Dengan kemampuan Bahasa Inggris saya yang terbatas dan IPK yang tidak terlalu tinggi mungkinkah saya bisa mendapatkan beasiswa LPDP?

A: Untuk syarat daftar LPDP IPK minimal 3 dan TOEFL 550/IELTS 6.5 untuk LN, sedangkan DL TOEFL 500/IELTS 6.0.

22. Q: Bagaimana Tips dan Trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP?

A: Lengkapi seluruh persyaratan LPDP. Dan ingat:
  • Luruskan niat untuk mencari ilmu untuk mengabdi ke Indonesia.
  • Persiapan matang.
  • Belajar interview.
  • Jujur dan berjiwa sosial.
23. Q: Ketika kita masih mengerjakan skripsi karena universitas menargetkan kelulusan bulan Agustus, apakah kita bisa tetap apply beasiswa LPDP?

A: Bisa setelah lulus atau mendapatkan ijazah. Daftar S2 harus lulus s1 dan S3 harus sudah S2.

24. Q: Pada sesi LGD, bagaimana caranya agar kita tidak terkesan mendominasi forum tetapi semangat untuk mencari solusi sangat kuat diantara peserta lain?

A: Tips LGD: Jangan mendominasi. Bermainlah dengan santun dan cantik. Gak perlu berniat untuk membandingkan dengan peserta lain. Bisa berikan solusi sesuai bidang kita. Fokus ke solusi dan hormati peserta LGD lain.

25. Q: Bagaimana LPDP bisa melihat karakter seseorang hanya dengan sekali bertemu di wawancara?

A: Melihat karakter itu terlihat saat wawancara karena ada Psikolog.

26. Q: Bagaimana tips agar ketika memilih jurusan yang tidak linear dengan program study sebelumny bisa lolos seleksi LPDP?

A: Cara memilih jurusan yang tidak linear agar lolos LPDP: Pastikan jurusan yang kamu ambil sesuai dengan kebutuhan dunia kerjamu atau masyarakat sekitarmu. Pandai-pandai aja meyakinkan juri dengan alasan yang jelas.

27. Q: Bagaimana cara mendapatkan beasiswa LPDP dengan strategi yang terbaik andai kata bahasa inggris kita tidak terlalu lancar?

A: Kuasai Bahasa Inggris, karena kalaupun kita bisa dapat beasiswa tapi kita gak bisa dapat kampus karena kelemahan Bahasa Inggris kita, ya ndak bisa. Kalau bahasa Inggris nya tidak terlalu hebat, bisa daftar LPDP dengan memilih kampus DN.

28. Q: Apakah boleh pindah Universitas, misalnya saya sudah lolos seleksi LPDP?

A: Peraturan terbaru, gak boleh pindah universitas. Apalagi yang awal daftar DN kemudian mau pindah LN sekarang gak boleh.

29. Q: Apakah persiapan yang harus dilakukan agar mudah mendapatkan beasiswa LPDP, khususnya ke Australia?

A: Siapkan semua persyaratan yang diminta. Persiapan pertama mendaftar LPDP dan kampus Australia adalah siapkan IELTS. Pastikan skormu mencapai nilai yang diminta kampus.

30. Q: Bagaimana mendapat prioritas LPDP?

A: Liat bidang prioritas LPDP di web-nya dan kamu berasal dari daerah 3T.

31. Q: Apa tips cara membuat essay yang baik dan bagus. Terus mbak pakai TOEFL ITP/IBT atau IELTS ya? Les atau otodidak?

A: Aku pakai IELTS untuk ke kampus tapi saat daftar LPDP pakai TOEFL. Saranku pakai IELTS sekalian aja kalau bisa. IELTS bisa dipelajari otodidak asalkan fokus dan konsisten setiap hari untuk belajar sampai sebulan minimal, insyaallah bisa. Kebetulan saya les IELTS.

32. Q: Bagaimana meyakinkan pewawancara jika memilih jurusan yng bermanfaat bagi perusahaan bukan ke masyarakat langsung?

A: Tidak masalah, karena tujuan LPDP mencetak generasi yang ahli di bidangnya. Disinergikan aja antara manfaat perusahaan dan masyarakat. Coba amati lagi masyarakat sekitarmu.

33. Q: Bagaimana tips memilih jurusan yang sesuai dengan beragam pilihan universitas yang ada?

A: Pilih jurusan yang dibutuhkan masyarakat atau dunia kerjamu. Kampus itu pilihan no 2. Pastikan jurusan mu kamu sukai dan bisa bermanfaat ilmunya.

34. Q: Apa hal utama supaya aplikasi saya diterima?

A: Aplikasi yang bagus butuh persiapan yang matang. Ingat bahwa kita sekolah dibiayai rakyat. Jadi aplikasi mu harus kontribusi real yang telah, sedang dan akan kamu lakukan. Tapi pastikan kamu lengkapi syarat administrasi LPDP yang lain, pasti diterima.

35. Q: Hal apa yangg harus dipersiapkan mulai sekarang agar kesempatan memperoleh beasiswa LPDP semakin tinggi. Jika saya masih tahap menyelesaikan S1 saya?

A: Perkuat di TOEFL/IELTS aja dulu, sama pastikan IPK minimal 3.

36. Q: Apakah beasiswa LPDP memberikan beasiswa selama kuliah dan penelitian akhir? Apakah hanya selama kuliah/study saja?

A: Komponen pembiayaan LPDP sangat lengkap termasuk itu dan selama study. Cek web ada info komponen pembiayaan lengkap di buku panduan pendaftar.

37. Q: Apakah jika sudah dapat LOA Conditional tetap wajib memiliki English Requirements (TOEFL/IELTS) ?

A: Iya wajib, untuk melihat kemampuan Bahasa Inggris kita.

38. Q: Bagaimana cara mendapatkan promotor di Luar Negeri?

A: Masuk web kampus. Cari kontak dan coba aja email.

39. Q: Saya akan tes substansinya, essay, dan wawancara. Tujuan saya LN. Apakah tesnya full English. Sharing tes nya, saya juga belum ada LOA.

A: Iya, peraturan sekarang untuk yang ke LN full English. Kalau bisa kejar LOA, conditional dulu gak papa atau ada korespondensi dengan kampus biar lebih memperkuat.

40. Q: Apakah beasiswa LPDP memiliki dampak yang bersifat mengikat terhadap si penerima beasiswa?

A: Tidak ada ikatan dinas tapi untuk yang di LN setelah study WAJIB kembali ke Indonesia. Bisa ke tempat kerja/institusi sebelumnya.

41. Q: Sekarang lagi isu-isunya LPDP dengan surat sakti pindah ke DN dan kampus Asia. Apakah itu akan mengganggu rencana study kita yang sudah terlanjur ke UK/Australia? Karena banyak kandidat LPDP yang belum lolos karena kampus kemahalan di UK/Australia.

A: Kalau mau lolos dan tau isu itu, mending kita berusaha menyesuaikan kebutuhan pemberi beasiswa. Kuota sekarang DN 55% dan LN 45%. Atau nanti setelah ketrima LN, coba mengajukan perpindahn kampus, tapi dari LN dan ke DN ya.

42. Q: Adakah syarat-syarat yang harus kami penuhi ketika pindah dari LN ke DN? Dan menurut Mbak Ana apakah kita perlu korespondensi dengan pihak kampus terkait mata kuliah kita atau profesor yang assess kita nanti?

A: Iya, ada email khusus untuk perpindahan kampus. Nanti kalau sudah ketrima LPDP akan tahu teknisnya. Fokus dulu untuk ketrima LPDP dan dapetin kampus.

43. Q: Kalau universitasnya bagus apa mempengaruhi kesulitan dalam mendapatkan LOA-nya?

A: Untuk mndapatkan LOA tidak ada kesulitan. Yang menjadi kesulitan bisa nggak kita memenuhi syarat kampus bagus itu. Misal IELTS 7 kalau ke Cambridge.

Nah itu catatan yang kita punya sementara ini. Mengingat beasiswa LPDP selalu ada perkembangan dari waktu ke waktu, catatan tersebut akan selalu kita usahakan untuk berkembang sesuai informasi terbaru. Sebagai referensi tambahan silahkan lihat juga FAQ pertanyaan dan jawaban yang ada di web LPDP.

Eva Andriani: Temen2, maap nyepam. Barangkali ad yg butuh. Rangkuman wawancara yg pernah d tanyakan saat substansi. 1. Perkenalkan dirimu pada kami! 2. Data diri basic 3. Kuliah dimana dulu? 4. Sekarang sibuk apa? 5. Kenapa nganggur lama? 6. Kesibukan dulu selama di kampus 7. Kenapa daftar LPDP? Bukan beasiswa lain? 8. Kenapa pengen keluar negeri? 9. Kenapa pilih kuliah di New Zealand? 10. Kenapa pilih kuliah di VUW? 11. Biaya kuliah mahal, kenapa nggak di Indonesia aja? 12. Kenapa pilih jurusan itu? 13. Nanti di new zealand mau ngapain aja rencananya? 14. Analisis SWOT 15. Indonesia 15-20 tahun ke depan bakal kayak apa? 16. Kamu sendiri 5-10 tahun ke depan mau jadi apa? 17. Selama ini kontribusimu untuk Indonesia apa aja? 18. Nanti mau ngapain aja buat Indonesia? 19. Apa yang kira-kira akan jadi hambatanmu selama kuliah disana? 20. Nasionalisme itu apa? Contohnya? Referensi lain : 1. Siapa Kemenkeu, Kemendiknas, Kemenag, Presiden, Wapres sekarang! 2. LPDP itu apa? Kepanjangannya apa? Tujuan LPDP apa? | semua yang berkenaan dengan LPDP. Pake metode jembatan keledai buat ngapal point2nya (jitu buat ngapal cepet) 3. Lirik lagu Padamu Negeri, Indonesia Raya dan satu lirik lagu daerah asalmu dan umum! 4. Buat pengenalan diri sendiri selama 2-3 min (english) 5. Background pendidikan dan kerja, apakah masih relevan! 6. Gaji terakhir, kepala direksinya? Perusahaan/instansi apa? 7. Rencana kedepan setelah lulus? Ngajar? Professional worker? 8. Apa goal utama dalam hidup ini? 9. Mengapa memilih univ/jurusan 10. Apakah pernah apply beasiswa sebelumnya selain LPDP? 11. Galilah pertanyaan - pertanyaan yang bersumber dari proposal risetmu, rencana studimu atau lain sebagainya. | Untuk pertanyaan yang ini akan memakan waktu berhari - hari. 12. CV dipelajari! Yang dianggap akan menjadi pertanyaan dari CV anda, cobalah dipikirkan jawabannya! 13. Background orang tua, penghasilan! 14. Keadaan keluarga, kakak, adik dll! 15. Mengapa memilih LPDP? Pantaskah anda mendapatkan LPDP scholarship? Yakinkan para interviewers, bahwa anda berhak mendapatkan LPDP. 16. Model kepemimpinan seperti apa yang ada dibenak anda untuk Indonesia kedepannya? Berikan dengan sosok kalau perlu. Pemimpin itu apa? Tugas pemimpin? Sanggupkah anda dalam memimpin nantinya? Kepemimpinan macam apa yang telah anda lakukan? Pernahkah anda menjadi pemimpin? Bagaimana mekanisme penunjukan pemimpin. |soal ini termasuk sulit dan banyak jawabannya. 17. Mengapa kuliah lanjut? Buat apa? Apa tidak cukup dengan yang diraih! 18. Baca baik2 essay anda, cari dan galilah pertanyaan yang menurut anda akan muncul dan carilah jawabannya! 19. Apa yang bisa kamu bagi buat lingkungan baik dari hasil risetmu, dari ilmumu, dari pengalamanmu selama studi? 20. Belajar dan berorganisasi, bagaimana cara manage-nya? 21. Pengalaman organisasi, urut dari tahun! 22. Kuasai tentang ilmu yang akan dipelajari nantinya minimal garis besarnya dan orang umum pun paham mendengarnya! 23. Prestasi – prestasi berdasar tahun. Ingat berdasar tahun! 24. Prestasi terbaik anda dan alasannya! 25. Weakness dan strength dari kita! 26. Sosok dalam keilmuwanmu yang kau kagumi! Ex ambil kedirgantaraan = habibie 27. Pertanyaan seputar surat rekomendasi, ingat – ingat bagaimana kamu bisa dapat surat rekomendasi tersebut! 28. Hafalkan isi dari surat pernyataan! 29. Konkret pekerjaan setelah lulus kepada masyarakat. Ex: jadi ketua DKM Masjid 30. Konkret produk setelah lulus kepada Negara. Ex: Mau buat antibodi dari moncong rayap. 31. Rencana 5 tahun, 10 tahun dan 50 tahun kedepan! Konkretnya. 32. Menurut anda nasionalisme itu apa? Bagaimana cara membuktikannya? Apa anda sudah memiliki rasa nasionalisme? 33. Kerja di LN atau DN hubungkan dengan rasa nasionalisme? 34. Sosok pahlawan menurutmu? Dan siapakah dia? 35. LPDP akan mengumumkan tanggal wawancara. Carilah hari – hari bersejarah sekitar tanggal segitu dan apa maknanya! |Relevansikan dengan LPDP (kalau bisa) 36. Mengapa anda tertarik memilih topik riset tersebut? 37. Apa studimu sebelumnya masih relevan? Mengapa kamu berfikir bahwa kuliah di Negara XX di Univ YY akan memberikanmu manfa at! 38. Gali lagi manfaat konkret yang bisa kamu dapatkan apabila kamu kuliah di LN di univ YY. Ex: Mexico: bisa ngenal bahasa spain. Untuk kerjasama dengan latin countries dll dst. 39. Apa unique selling point dari dirimu? 40. Hobi, hal2 favorit (buku, tontonan, makanan dll dst). 41. Permasalahan apa di Indonesia yang menurut anda paling krusial untuk diselesaikan terlebih dahulu? 42. Apa sudah contact/korespondesi dengan Prof? 43. Bagaimana kamu dapat LoA? 44. Beri sedikit gambaran bagaimana kamu akan beradaptasi di negara tersebut! Carilah pengalaman orang by googling! 45. Siapkah hidup mandiri, jauh dari orang tua, makanan halal, dll? 46. Anda mengenal anda seperti apa? 47. Bedanya konferensi, seminar, workshop, symposium, proceeding! 48. Bagaimana anda mendapatkan TOEFL anda? | ceritakan secara umum sehingga TOEFL anda ada ditangan anda sekarang.

oOo

2 comments:

  1. Mau bertanya... Apakah diharuskan memiliki pengalaman organisasi untuk bisa lolos beasiswa Lpdp ? Dan bgmn kalau tidak memiliki pengalaman organisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lolos atau tidak tergantung dari seberapa banyak jumlah peserta dan jumlah kuota. Jika peserta banyak dan kuota terbatas maka pengalaman-pengalaman tambahan semisal organisasi, publikasi, pengalaman menjadi pembicara, dll akan menjadi nilai tambah seseorang untuk naik menuju rangking yang lebih tinggi.

      Jika tidak memiliki nilai tambah semisal organisasi, maka mulailah sekarang untuk terjun dan belajar di organisasi yang kita suka

      Delete