Pages

Pertanyaan Penting Seputar Beasiswa LPDP


Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau lebih dikenal dengan istilah LPDP adalah salah satu beasiswa yang banyak dicari oleh para Indonesian scholars untuk melanjutkan dan mendukung studi lanjut mereka. Tidak terasa beasiswa sudah berjalan dari tahun 2012 dan menampung lebih dari 54 angkatan. Banyak yang sudah lulus dan mengabdi untuk negeri tapi banyak pula yang masih berjuang mengejar mimpi-mimpi mereka.

Dengan jumlah 4 kali penerimaan dalam dalam satu tahun, beasiswa ini menawarkan peluang yang sangat banyak bagi seluruh lapisan masyarakat. Nah tunggu apa lagi? Bagi kawan-kawan yang masih belum mendapatkan beasiswa tersebut, semangat ya…kita bantu salah satunya dengan acara NOBAR Beasiswa alias Nongkrong Online Bareng Bicara Beasiswa. Bulan Januari 2016 lalu kita sukses mengadakan acara tersebut via WA dan berikut adalah ringkasannya. Bagi yang belum beruntung masuk ke dalam acara tersebut dikarenakan keterbatasan fasilitas dan sumber daya yang kita miliki, catatan berikut semoga menjadi solusi persiapan untuk mendaftar beasiswa LPDP di periode-periode berikutnya.

1. Q: Bagaimana cara mendapatkan LOA?

A: LOA adalah Letter of Acceptance. Intinya kamu harus sudah bisa mendapatkan persetujuan dari universitas yang kamu tuju. Cobalah kontak profesor di luar negeri kemudian ikuti bidang keilmuanya termasuk profil lengkapnya. Kemudian kamu coba buat semacam research proposal tentang ketertarikan terhadap bidang yang sesuai dengan bidang profesor yang kamu tuju dan beri penguatan.

2. Q: Apakah research proposal semacam proposal skripsi?

A: No, research proposal tak perlu panjang. Bisa seperti essay tapi sudah harus menunjukkan minat ke bidang keilmuan tertentu.

3. Q: Untuk contoh LOA apakah kita bisa minta bantuan IDP?

A: Bisa, atau bisa minta tolong teman yang sudah terlebih dahulu tinggal di Univ yang kamu inginkan untuk bantu tapi pada dasarnya LOA lebih ke personal.

4. Q: Bagaimana cara menghubungi profesor di LN dan darimana kita dapat informasi mengenai profesornya?

A: Googling, misal lihat profesor tentang linguistic di Inggris, nanti akan muncul semua profilnya, dalami profilnya yang sesuai dengan minat studimu.

5. Q: Bagaimana cara membuat essay yang baik untuk LPDP?

A: essay yang baik harus menunjukkan kualifikasi dirinya. Banyak awardee yang sudah share tentang essay di google.

6. Q: Apa maksud dari at cost dan paket?

A: At cost itu untuk pembiayaan yang nominalnya bisa saja berbeda-beda tiap universitas dan biasanya ada yang ditanggung awardee dahulu sebelum mendapatkan pembiayaan dan akan di ganti. Sementara yang paket biasanya sudah distandarkan oleh LPDP.

7. Q: Apakah benar jika kita tidak meluluskan kuliah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan kita harus mengembalikan semua biaya yang telah diberikan?

A: Pada dasarnya semua beasiswa pasti terpaku dengan waktu. Jadi kalau sudah niat ya diselesaikan tepat waktu. Jangan parno dulu tentang bisa selesai tepat waktu atau tidak. Believe yourself and stay focus.

8. Q: Berkas apa saja yang harus dipersiapkan? Dan dimanakah berkas TOEFL bisa didapatkan? Serta berapa estimasi biaya yang dibutuhkan?

A: yang penting prioritaskan apa yang utama dulu untuk keperluan administrasi. TOEFL minimal ITP 550. Ambil ujian dimanapun yang ditunjuk ETS penyelenggara TOEFL Internasional.

9. Q: Apakah benar untuk mendaftar LPDP harus mempunyai pengalaman kerja dibidang sarjananya selama 2 tahun?

A: banyak yang fresh graduate dapat master dari LPDP. Ada yang dari Indoensia bagian Timur kan? Coba daftar program afirmasi.

10. Q: kalau sudah membuat akun LPDP reguler lalu ingin membuat akun afirmasi kok tidak bisa ya? Bagaimana solusinya? Apakah afirmasi dan reguler proses seleksinya berbeda? Apakah perbedaan afirmasi dan reguler.

A: proses seleksi hanya berbeda peruntukannya saja. beasiswa juga memberi beasiswa bagi alumni bidikmisi. Akun afirmasi hanya untuk dari Indonesia Timur dan daerah 3T.

11. Q: Tidak punya prestasi tapi aktif dikampus, apakah bisa mendapatka beasiswa?

A: sertifikat tidak begitu diperlukan. Intinya penguatan diri ketika wawancara, LGD dan Essay.

12. Q: Manakah sebaiknya yang harus dilakukan, apakah mendaftar beasiswa terlebih dahulu atau mendapatkan LOA?

A: Kalau ingin lebih prioritas tentunya mendapatkan LOA dulu baru kemudian mendaftar beasiswa. Istilahnya semua sudah siap tinggal mengajukan dananya. Tapi banyak juga yang mendaftar beasiswa sambil mencari dan mendaftar universitas yang dituju untuk mendapatkan LOA.

13. Q: Apa saja tema yang digunakan untuk essay? Bagaimana cara mengatur ide dan waktu, sementara harus menggunakan bahasa inggris dalam penulisanya?

A: intinya banyak membaca buku, koran, nonton berita dan update news. LPDP selalu kekinian. You have to know yourself untuk membuat on the spot essay writting.

14. Q: Bagaimana tips ketika kita sesi LGD? apakah setiap persyaratan harus selalu disertai bukti pembayaran berupa dokumen? Misal seperti kegiatan sosial yang tidak bersertifikat? Apa poin utama yang harus dimiliki pelamar dalam tahap seleksi administrasi?

A: sertifikat tidak masalah, boleh penguatan di CV tapi intinya adalah mental yang harus dipersiapkan. Untuk LGD harus sering lihat berita kekinian yang sering didiskusikan biasanya tema tentang untuk indonesia lebih maju. Administrasi harus sudah fix semua dulu ya sambil buka wawasan tentang berita seputar LPDP

15. Q: Ketika kita sudah mendapatkan LOA dari universitas yang dituju namun tidak ada list dalam beasiswa LPDP apakah kita masih boleh mendaftar beasiswa ke LPDP?

A: Bisa

16. Q: Untuk program master apakah harus linier dengan program S1?

A: No, being linier or not really depend on your choice. Tapi untuk manfaat akademik ilmu memang diperlukan linier

17. Q: Apakah dari LGD dan on the spot essay writting dilihat sifat kepemimpinan dalam kepedulian kita terhadap indonesia?

A: Betul sekali, intinya itu tentang kualifikasi kita kemanfaatan kita bagi sekitar dan sumbang asih kita untuk kebersamaan

18. Q: Pertanyaan apa saja yang diajukan oleh interviewer saat wawancara? Dan dimana tempat wawancara tersebut?

A: Tempat wawancara sesuai dengan aplikasi yang kamu pilih untuk tempat wawancaranya. Pertanyaan pasti seputar personal, akademik, capaian sosial, dan kontribusi. Yang penting tenang dan kuasai pertanyaanya.

19. Q: Wawancaranya kira-kira pakai bahasa indonesia atau bahasa inggris ?

A: Boleh memilih.

20. Q: Tentang wawancara, apakah sripsi kita ditanyakan?

A: Skripsi atau tesis pasti ditanyakan dan pastinya kontribusinya sejauh mana, dipersiapkan matang-matang.

21. Q: Dengan kemampuan Bahasa Inggris saya yang terbatas dan IPK yang tidak terlalu tinggi mungkinkah saya bisa mendapatkan beasiswa LPDP?

A: Untuk syarat daftar LPDP IPK minimal 3 dan TOEFL 550/IELTS 6.5 untuk LN, sedangkan DL TOEFL 500/IELTS 6.0.

22. Q: Bagaimana Tips dan Trik untuk mendapatkan beasiswa LPDP?

A: Lengkapi seluruh persyaratan LPDP. Dan ingat:
  • Luruskan niat untuk mencari ilmu untuk mengabdi ke Indonesia.
  • Persiapan matang.
  • Belajar interview.
  • Jujur dan berjiwa sosial.
23. Q: Ketika kita masih mengerjakan skripsi karena universitas menargetkan kelulusan bulan Agustus, apakah kita bisa tetap apply beasiswa LPDP?

A: Bisa setelah lulus atau mendapatkan ijazah. Daftar S2 harus lulus s1 dan S3 harus sudah S2.

24. Q: Pada sesi LGD, bagaimana caranya agar kita tidak terkesan mendominasi forum tetapi semangat untuk mencari solusi sangat kuat diantara peserta lain?

A: Tips LGD: Jangan mendominasi. Bermainlah dengan santun dan cantik. Gak perlu berniat untuk membandingkan dengan peserta lain. Bisa berikan solusi sesuai bidang kita. Fokus ke solusi dan hormati peserta LGD lain.

25. Q: Bagaimana LPDP bisa melihat karakter seseorang hanya dengan sekali bertemu di wawancara?

A: Melihat karakter itu terlihat saat wawancara karena ada Psikolog.

26. Q: Bagaimana tips agar ketika memilih jurusan yang tidak linear dengan program study sebelumny bisa lolos seleksi LPDP?

A: Cara memilih jurusan yang tidak linear agar lolos LPDP: Pastikan jurusan yang kamu ambil sesuai dengan kebutuhan dunia kerjamu atau masyarakat sekitarmu. Pandai-pandai aja meyakinkan juri dengan alasan yang jelas.

27. Q: Bagaimana cara mendapatkan beasiswa LPDP dengan strategi yang terbaik andai kata bahasa inggris kita tidak terlalu lancar?

A: Kuasai Bahasa Inggris, karena kalaupun kita bisa dapat beasiswa tapi kita gak bisa dapat kampus karena kelemahan Bahasa Inggris kita, ya ndak bisa. Kalau bahasa Inggris nya tidak terlalu hebat, bisa daftar LPDP dengan memilih kampus DN.

28. Q: Apakah boleh pindah Universitas, misalnya saya sudah lolos seleksi LPDP?

A: Peraturan terbaru, gak boleh pindah universitas. Apalagi yang awal daftar DN kemudian mau pindah LN sekarang gak boleh.

29. Q: Apakah persiapan yang harus dilakukan agar mudah mendapatkan beasiswa LPDP, khususnya ke Australia?

A: Siapkan semua persyaratan yang diminta. Persiapan pertama mendaftar LPDP dan kampus Australia adalah siapkan IELTS. Pastikan skormu mencapai nilai yang diminta kampus.

30. Q: Bagaimana mendapat prioritas LPDP?

A: Liat bidang prioritas LPDP di web-nya dan kamu berasal dari daerah 3T.

31. Q: Apa tips cara membuat essay yang baik dan bagus. Terus mbak pakai TOEFL ITP/IBT atau IELTS ya? Les atau otodidak?

A: Aku pakai IELTS untuk ke kampus tapi saat daftar LPDP pakai TOEFL. Saranku pakai IELTS sekalian aja kalau bisa. IELTS bisa dipelajari otodidak asalkan fokus dan konsisten setiap hari untuk belajar sampai sebulan minimal, insyaallah bisa. Kebetulan saya les IELTS.

32. Q: Bagaimana meyakinkan pewawancara jika memilih jurusan yng bermanfaat bagi perusahaan bukan ke masyarakat langsung?

A: Tidak masalah, karena tujuan LPDP mencetak generasi yang ahli di bidangnya. Disinergikan aja antara manfaat perusahaan dan masyarakat. Coba amati lagi masyarakat sekitarmu.

33. Q: Bagaimana tips memilih jurusan yang sesuai dengan beragam pilihan universitas yang ada?

A: Pilih jurusan yang dibutuhkan masyarakat atau dunia kerjamu. Kampus itu pilihan no 2. Pastikan jurusan mu kamu sukai dan bisa bermanfaat ilmunya.

34. Q: Apa hal utama supaya aplikasi saya diterima?

A: Aplikasi yang bagus butuh persiapan yang matang. Ingat bahwa kita sekolah dibiayai rakyat. Jadi aplikasi mu harus kontribusi real yang telah, sedang dan akan kamu lakukan. Tapi pastikan kamu lengkapi syarat administrasi LPDP yang lain, pasti diterima.

35. Q: Hal apa yangg harus dipersiapkan mulai sekarang agar kesempatan memperoleh beasiswa LPDP semakin tinggi. Jika saya masih tahap menyelesaikan S1 saya?

A: Perkuat di TOEFL/IELTS aja dulu, sama pastikan IPK minimal 3.

36. Q: Apakah beasiswa LPDP memberikan beasiswa selama kuliah dan penelitian akhir? Apakah hanya selama kuliah/study saja?

A: Komponen pembiayaan LPDP sangat lengkap termasuk itu dan selama study. Cek web ada info komponen pembiayaan lengkap di buku panduan pendaftar.

37. Q: Apakah jika sudah dapat LOA Conditional tetap wajib memiliki English Requirements (TOEFL/IELTS) ?

A: Iya wajib, untuk melihat kemampuan Bahasa Inggris kita.

38. Q: Bagaimana cara mendapatkan promotor di Luar Negeri?

A: Masuk web kampus. Cari kontak dan coba aja email.

39. Q: Saya akan tes substansinya, essay, dan wawancara. Tujuan saya LN. Apakah tesnya full English. Sharing tes nya, saya juga belum ada LOA.

A: Iya, peraturan sekarang untuk yang ke LN full English. Kalau bisa kejar LOA, conditional dulu gak papa atau ada korespondensi dengan kampus biar lebih memperkuat.

40. Q: Apakah beasiswa LPDP memiliki dampak yang bersifat mengikat terhadap si penerima beasiswa?

A: Tidak ada ikatan dinas tapi untuk yang di LN setelah study WAJIB kembali ke Indonesia. Bisa ke tempat kerja/institusi sebelumnya.

41. Q: Sekarang lagi isu-isunya LPDP dengan surat sakti pindah ke DN dan kampus Asia. Apakah itu akan mengganggu rencana study kita yang sudah terlanjur ke UK/Australia? Karena banyak kandidat LPDP yang belum lolos karena kampus kemahalan di UK/Australia.

A: Kalau mau lolos dan tau isu itu, mending kita berusaha menyesuaikan kebutuhan pemberi beasiswa. Kuota sekarang DN 55% dan LN 45%. Atau nanti setelah ketrima LN, coba mengajukan perpindahn kampus, tapi dari LN dan ke DN ya.

42. Q: Adakah syarat-syarat yang harus kami penuhi ketika pindah dari LN ke DN? Dan menurut Mbak Ana apakah kita perlu korespondensi dengan pihak kampus terkait mata kuliah kita atau profesor yang assess kita nanti?

A: Iya, ada email khusus untuk perpindahan kampus. Nanti kalau sudah ketrima LPDP akan tahu teknisnya. Fokus dulu untuk ketrima LPDP dan dapetin kampus.

43. Q: Kalau universitasnya bagus apa mempengaruhi kesulitan dalam mendapatkan LOA-nya?

A: Untuk mndapatkan LOA tidak ada kesulitan. Yang menjadi kesulitan bisa nggak kita memenuhi syarat kampus bagus itu. Misal IELTS 7 kalau ke Cambridge.

44. Q: Adakah buku panduan yang bisa dibaca?

A: Ada, salah satunya booklet panduan

45. Q: Minta contoh pertanyaannya apa saja kak?

A. Coba baca list di bawah ini


  • Perkenalkan dirimu pada kamu, data diri basic
  • Kuliah dimana dulu?
  • Sekarang sibuk apa?
  • Kenapa nganggur lama?
  • Kesibukan dulu selama di kampus apa saja?
  • Kenapa daftar LPDP? Bukan beasiswa lain?
  • Kenapa pengen keluar negeri?
  • Kenapa pilih kuliah di negara XYZ?
  • Kenapa pilih kuliah di universitas VUW?
  • Biaya kuliah mahal, kenapa nggak di Indonesia aja?
  • Kenapa pilih jurusan itu?
  • Nanti di negara XYZ mau ngapain aja rencananya? Analisis SWOT?
  • Indonesia 15-20 tahun ke depan bakal kayak apa?
  • Kamu sendiri 5-10 tahun ke depan mau jadi apa?
  • Selama ini kontribusimu untuk Indonesia apa aja?
  • Nanti mau ngapain aja buat Indonesia?
  • Apa yang kira-kira akan jadi hambatanmu selama kuliah disana?
  • Nasionalisme itu apa? Contohnya?
  • Siapa Kemenkeu, Kemendiknas, Kemenag, Presiden, Wapres sekarang
  • LPDP itu apa? Kepanjangannya apa? Tujuan LPDP apa? semua yang berkenaan dengan LPDP.
  • Lirik lagu Padamu Negeri, Indonesia Raya dan satu lirik lagu daerah asalmu dan umum
  • Background pendidikan dan kerja, apakah masih relevan
  • Gaji terakhir, kepala direksinya? Perusahaan/instansi apa?
  • Rencana kedepan setelah lulus? Ngajar? Professional worker?
  • Apa goal utama dalam hidup ini?
  • Mengapa memilih univ/jurusan
  • Apakah pernah apply beasiswa sebelumnya selain LPDP?
  • Galilah pertanyaan - pertanyaan yang bersumber dari proposal risetmu, rencana studimu atau lain sebagainya.
  • Pertanyaan terkait CV, cobalah dipikirkan pertanyaan dan jawabannya
  • Background orang tua, penghasilan
  • Keadaan keluarga, kakak, adik dll
  • Mengapa memilih LPDP? Pantaskah anda mendapatkan LPDP scholarship? 
  • Model kepemimpinan seperti apa yang ada dibenak anda untuk Indonesia kedepannya? Berikan dengan sosok kalau perlu. 
  • Pemimpin itu apa? Tugas pemimpin? 
  • Sanggupkah anda dalam memimpin nantinya? Kepemimpinan macam apa yang telah anda lakukan? 
  • Pernahkah anda menjadi pemimpin? Bagaimana mekanisme penunjukan pemimpin. 
  • Mengapa kuliah lanjut? Buat apa? Apa tidak cukup dengan yang diraih!
  • Ceritakan mengenai essay Anda, cari dan galilah pertanyaan yang menurut anda akan muncul dan carilah jawabannya
  • Apa yang bisa kamu bagi buat lingkungan baik dari hasil risetmu, dari ilmumu, dari pengalamanmu selama studi?
  • Belajar dan berorganisasi, bagaimana cara manage-nya?
  • Ceritakan pengalaman organisasi Anda, urut dari tahun
  • Kuasai tentang ilmu yang akan dipelajari nantinya minimal garis besarnya dan orang umum pun paham mendengarnya
  • Prestasi – prestasi berdasar tahun. Ingat berdasar tahun!
  • Prestasi terbaik anda dan alasannya!
  • Weakness dan strength dari kita!
  • Sosok dalam keilmuwanmu yang kau kagumi! Ex ambil kedirgantaraan = habibie
  • Pertanyaan seputar surat rekomendasi, ingat – ingat bagaimana kamu bisa dapat surat rekomendasi tersebut!
  • Hafalkan isi dari surat pernyataan
  • Konkret pekerjaan setelah lulus kepada masyarakat. Ex: jadi ketua DKM Masjid
  • Konkret produk setelah lulus kepada Negara. Ex: Mau buat antibodi dari moncong rayap.
  • Rencana 5 tahun, 10 tahun dan 50 tahun kedepan! Konkretnya.
  • Menurut anda nasionalisme itu apa? Bagaimana cara membuktikannya? Apa anda sudah memiliki rasa nasionalisme?
  • Kerja di LN atau DN hubungkan dengan rasa nasionalisme?
  • Sosok pahlawan menurutmu? Dan siapakah dia?
  • LPDP akan mengumumkan tanggal wawancara. Carilah hari – hari bersejarah sekitar tanggal segitu dan apa maknanya, Relevansikan dengan LPDP (kalau bisa)
  • Mengapa anda tertarik memilih topik riset tersebut?
  • Apa studimu sebelumnya masih relevan? Mengapa kamu berfikir bahwa kuliah di Negara XX di Univ YY akan memberikanmu manfaat!
  • Gali lagi manfaat konkret yang bisa kamu dapatkan apabila kamu kuliah di LN di univ YY. Ex: Mexico: bisa ngenal bahasa spain. Untuk kerjasama dengan latin countries dll dst.
  • Apa unique selling point dari dirimu?
  • Hobi, hal2 favorit (buku, tontonan, makanan dll dst).
  • Permasalahan apa di Indonesia yang menurut anda paling krusial untuk diselesaikan terlebih dahulu? 
  • Apa sudah contact/korespondesi dengan Prof?
  • Bagaimana kamu dapat LoA?
  • Beri sedikit gambaran bagaimana kamu akan beradaptasi di negara tersebut! Carilah pengalaman orang by googling!
  • Siapkah hidup mandiri, jauh dari orang tua, makanan halal, dll?
  • Anda mengenal anda seperti apa?
  • Bedanya konferensi, seminar, workshop, symposium, proceeding!
  • Bagaimana anda mendapatkan TOEFL anda? ceritakan secara umum sehingga TOEFL anda ada ditangan anda sekarang.
Nah itu catatan yang kita punya sementara ini. Mengingat beasiswa LPDP selalu ada perkembangan dari waktu ke waktu, catatan tersebut akan selalu kita usahakan untuk berkembang sesuai informasi terbaru. Sebagai referensi tambahan silahkan lihat juga FAQ pertanyaan dan jawaban yang ada di web LPDP (ERROR).


oOo

36 comments:

  1. Mau bertanya... Apakah diharuskan memiliki pengalaman organisasi untuk bisa lolos beasiswa Lpdp ? Dan bgmn kalau tidak memiliki pengalaman organisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lolos atau tidak tergantung dari seberapa banyak jumlah peserta dan jumlah kuota. Jika peserta banyak dan kuota terbatas maka pengalaman-pengalaman tambahan semisal organisasi, publikasi, pengalaman menjadi pembicara, dll akan menjadi nilai tambah seseorang untuk naik menuju rangking yang lebih tinggi.

      Jika tidak memiliki nilai tambah semisal organisasi, maka mulailah sekarang untuk terjun dan belajar di organisasi yang kita suka

      Delete
  2. waktu mengubah data pribadi, saya tidak memperhatikan bahwa universitas asal saya berubah menjadi N1954 dan langsung menyimpannya. ketika saya melihat data pribadi saya lagi, negara asal saya juga berubah menjadi afrika. saat saya ingin memperbaikinya hanya negara asal saja yang berubah dan universitas asal tidak berubah. bagaimana cara meperbaikinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kita contekkan dari jawaban mbak Novia Fajar Masyitoh Awardeen LPDP 2020:
      Dlu sya juga gitu pak, banyak yg berubah2 tapi yg data diri dan ortu saja. Kalau universitas atau negara tujuan tidak berubah2.

      Bisa dicoba lagi berkali2 saja tidak papa kemudian simpan. Asal belum disubmit dan cetak kartu masih bisa diubah lagi sesuai dg tujuan. Kalau sudah berkali2 masih tetap tidak berubah dan tidak dapat disimpan, silahkan menghubungi call center pihak lpdp agar dapat diproses dg cepat.

      Delete
  3. halo ka, mau tanya. klo misalkan tidak ada pengalaman organisasi tapi punya pengalaman kerja gimana, karena sy sekarang kuliah(malam) sambil kerja(siang), jd buat kemungkinan ikut organisasi agak susah. apakah masih berkesempatan buat dapetin nya??. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja sosial tidak harus organisasi, banyak pilihan yang bisa dikerjakan. Coba dilihat disekitar kita yang membutuhkan bantuan tenaga dan waktu luang kita

      Delete
  4. Ka mau bertanya bila dapat LOA dulu baru daftar kuliah apakah bisa ka sedangkan penerim lpdp kan setelah di nyatan menerima beasiswa satu tahun baru menerima.. misalnya ka saya mengajukan beasiswa lpdp tahun 2018 pakai loa itu kan studinya bru di hitung thun 2019 apakah itu bisa ka dan juga ka saya kurang paham jika bahwa penerimaan beasiswa lpd terjdi 4 kali dalam setahun sedangkan saat saya buka pendaftaraannya saja di tutup setiap awal tahun contohnya saja tahun 2017 ini yang di tutup bulan april kemarin jadi ka bagaimana mengetui bila pendaftaran lpdpnya di buka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, yang penting komunikasi dengan pihak kampus

      Delete
  5. Assalamualaikum
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena postingan ini memberikan pencerahan. Saya berencana daftar beasiswa LPDP tahun 2018. Saya ingin bertanya tentang bukti fisik dari beberapa kegiatan organisasi dan kegiatan bakti sosial. saya pernah menjadi anggota organisasi ketika SMP-SMA-PT dan mengikuti beberapa kegiatan sosial. Sayangnya, bukti fisik beberapa organisasi dan kegiatan sosial tidak ada, terutama kegiatan sosial di lingkungan tempat tinggal. apa tetap saya masukan sewaktu input online? ketika verifikasi berkas dan tidak ada bukti fisik seperti SK, sertifikat, dll dari orgaisasi dan kegiatan itu bagaimana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bukti fisik bisa melalukan hal2 berikut
      1. Minta ke lembaga atau organisasi yang membuat kegiatan tersebut
      2. Kalau kegiatan tersebut sifatnya lokal, bisa membuat sendiri dengan panduan dan konsultasi komunitas, selebihnya tinggal minta cap dan tanda tangan

      Delete
  6. Mau nanya, boleh gak mencoba daftar LoA 2 universitas sekaligus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, saya dulu mendaftar 3 kampus sekaligus karena kita belum tahu mana yang akan memberi. Jadi pakai saja hukum angka besar, semaking banyak mendaftar maka akan lebih banyak kemungkinan mendapatkan LoA

      Delete
  7. Catatan penting bagi Anda Scholarship Hunter bahwa persyaratan beasiswa bersifat dinamis jadi bisa berubah setiap tahunnya. Misal LPDP mulai tahun 2019 hanya dibuka setahun 2 kali dari yang biasanya 4 kali setahun, maka silahkan diupdate dan dibaca ulang untuk persyaratan beasiswa yang akan di daftar. Selain LPDP masih banyak opsi yang lain, kalau tidak diterima walaupun sudah berjuang mendaftar 2 kali, anggap saja beasiswa tersebut belum cocok dengan gaya dan persiapan kita. Coba daftar yang lain di daftar ini https://bit.ly/jadwalbeasiswadegree

    ReplyDelete
  8. Kak , disitu kan dimuat proposal studi ? Jumlah proposalnya satu atau sesuai jumlah univ yang dipilih kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proposal studi sesuai dengan jurusan yang dipilih di kampus tersebut. Jika jurusannya berbeda tentunya proposalnya juga berbeda. Jika jurusannya sama atau mirip2 proposaln studinya bisa sama.

      Delete
  9. terima kasih atas contoh pertanyaannya

    ReplyDelete
  10. Selamat siang pak/buk Admin

    Apa kah benar buka penerimaan beasiswa LPDP fokus bidang pendidikan dan sudah mempunyai LOA, kr suami saya mau ambil bagian pwndidikan n sdh punya LoA..mohon informasinya.Thank
    you so much

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk bidang fokus bisa dilihat di web LPDP. Setahu saya ada sekitar 10an bidang prioritas dan pendidikan adalah salah satunya.
      2. Memiliki LOA adalah nilai tambah karena sudah sudah jelas dan diterima di sekolah tujuan

      Delete
  11. Maaf apakah LPDP hanya untuk yang sudah /masih kuliah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LPDP adalah beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 dalam dan luar negeri. Bagi yang sudah kuliah jenjang s2 biasanya menggunakan beasiswa unggulan yang bisa dipelajari di link berikut http://www.rumahbelajarabi.com/2018/05/siap-lebih-dini-untuk-beasiswa-unggulan.html. Atau bisa gabung di project GO CHANGE INDONESIA, semoga mendapatkan beasiswa yang cocok saat masih sekolah atau kuliah http://www.rumahbelajarabi.com/2020/09/faq-frequently-asked-question-seputar.html

      Delete
  12. Ketika kita sudah mendapatkan LOA dari universitas yang dituju namun tidak ada list dalam beasiswa LPDP apakah kita harus mengganti universitas pilihan kita?

    ReplyDelete
  13. Admin izinkan saya bertanya.
    Kalau sudah punya jurnal international sebagai firts author dan punya LOA. Apakah masih perlu TOEFL. Terima kasih

    ReplyDelete
  14. Halo Kak. Setauku kan UK sekarang memberikan visa 2 tahun setelah studi untuk int. student agar mendapatkan kesempatan kerja di sana. Apakah untuk LPDP bisa extend visa 2 tahun tersebut lalu setelahnya baru kembali ke Indo, ataukah studi selesai, harus langsung ke Indo ya kak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk awardee LPDP memang kontraknya adalah kembali dan membangun Indonesia. Jadi tidak usah ditawar karena Indonesia membutuhkan anak bangsa, dibiayai pendidikan, dan kembali membangun Indonesia

      Delete
  15. Mau tanya kak, apakah research proposal tesis yang kita tuliskan suatu saat bisa diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja diganti saat nanti pengerjaan di lapangan karena kadang memang membutuhkan penyesuaian sesuai dengan kondisi yang ada.

      Delete
  16. halo kak, saya pernah kuliah s2 kemudian resign, apakah saya dapat mendaftar beasiswa LPDP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas Fajar, bahkan yang pernah S2 pun bisa mendaftar LPDP untuk mengambil S2 lagi

      Delete
  17. Haloo kak. saya pernah daftar beasiswa LPDP tahun 2013. tapi tidak lolos. tahun 2023 saya mencoba daftar tapi keterangan nya tidak bisa mengikuti program karena telah tercatat sebagai awardee program doktor tahun 2013. saya cek history keterangan nya lolos mengikuti wawancara. tapi tahun 2013 tidak ada pemberitahuan .. apakah bisa di jelaskan... kenapa bisa seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal ini sangat tehnis ya, saya tidak berani menjawab dengan yakin. Misal kita melihat dari sisi LPDP, bisa jadi sudah dinyatakan lulus seleksi wawancara berarti sudah menjadi awardee dan tidak diambil dan tidak ada komunikasi sehingga kena black list. Tapi jika yakin bahwa waktu itu adalah kesalahan, apakah punya cukup bukti untuk appeal bahwa itu adalah kesalahan mesin atau kesalahan LPDP?

      Delete
  18. http://s.id/petalpdp
    Kampus tujuan LPDP di seluruh dunia

    ReplyDelete
  19. Ingin bertanya, apakah kita masih bisa mengubah periode perkuliahan jika sudah lolos tes bakan skolastik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba untuk berkomunikasi dengan pihak LPDP dengan mengutarakan alasan yang logis mengapa mengubah periode perkuliahan. Kalau dari pengalaman yang mengalami yang sama hal tersebut memungkinkan

      Delete

Komen Anda akan melalui tahap moderasi oleh admin (Your comment is under moderation)