Pages

Mekanisme Pendaftaran Beasiswa MORA Language Course

Setelah mengetahui bagaimana persyaratannya, selanjutnya adalah bagaimana mekanisme programnya. Peserta mendaftar akun secara online melalui website www.scholarship.kemenag.go.id untuk memperoleh username dan password.

Kemudian peserta melengkapi data pribadi dan meng-upload dokumen persyaratan secara online dengan menggunakan username dan password yang sudah di-approved dengan ketentuan sebagai berikut:


  1. Seluruh dokumen dikirim dalam format PDF atau JPEG
  2. Ukuran masing-masing file maksimal 500 KB
  3. File tidak boleh di-compress (zip, rar dan sejenisnya)
  4. Diktis melakukan verifikasi data (seleksi dokumen)
  5. Diktis mengumumkan hasil peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan
  6. Kursus dilaksanakan di lembaga yang menjadi mitra Diktis. 
Untuk durasi kursus sangat bervariasi mulai dari 3 – 6 bulan tergantung pada skor kemampuan berbahasa asing yang digunakan saat mendaftar. Kemudian untuk jenis kursusnya tidak hanya bahasa Inggris tetapi juga bahasa Arab dan juga bahasa Jerman. Calon peserta diberi kebebasan untuk memilih TOEFL ITP/ TOEFL iBT/ IELTS, DELF/DALF atau TOAFL.

Bantuan beasiswa kursus bahasa asing tersebut meng-cover transportasi peserta dari ibu kota provinsi ke lokasi kursus (PP), akomodasi dan biaya hidup selama kursus dan kebutuhan yang terkait dengan kursus.

Kapan waktu pendaftarannya? Pendaftaran secara online tanggal 1–30 April 2015. Kemudian seleksi dokumen tanggal 1-5 Mei 2015 oleh tim seleksi Diktis dan pengumuman hasil seleksi 17 Mei 2015. Selanjutnya pihak Diktis akan mengumumkannya melalui website. Selanjutnya pelaksanaan kursus pada awal Juni 2015 di lembaga yang direkomendasi Diktis seperti IALF, TBI, EF, LIA. Ada kemungkinan bahwa beasiswa ini akan dibuka lagi pendaftarannya pada bulan November, seleksi pada bulan Desember dan mulai kursus pada bulan Januari 2016. Maka pantaulah website MORA dan selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment