Pages

Sudah ketemu lobangnya?


Orang Jawa bilang 'Usaha akan lancar jika sudah ketemu lobangnya' atau orang Inggris bilang 'Round peg in the round hole'. Istilahnya apa yang kita cita-citakan akan lancar jika sudah mendapatkan jalan yang sesuai.

Lobang yang mana maksudnya? Saya bilang bukan lobang tetapi 'Leverage'. Istilah itupun saya dapat dari kawan-kawan yang sekolah di bidang ekonomi. Leverage berarti faktor yang mendorong usaha Anda yang berupa bertanyaan:
  1. Faktor kali Anda Apa?
  2. Faktor kali Anda Siapa?
Ambil contoh di usaha pia ini kita akan mencoba menjawab dua pertanyaan tersebut. Dari jawaban tersebut harapannya Anda mampu mengasosiasikan ke usaha Anda atau usaha yang sedang Anda rintis.

Sistem penjualan kue pia ini utamanya menggunakan sistem konsinasi atau titip dahulu bayar kemudian jika ada yang laku. Penjulannnya bekerjasama dengan warung-warung yang ada di sekitar wilayah Salatiga dan sekitarnya. Artinya faktor kalinya apa sudah terjawab bukan? yaitu warung.

Kemudian pertanyaan yang kedua adalah siapa. Kebetulan pertanyaan ini akan saya jawab dengan kata 'salesman'. Jika jumlah salesman berimbang dengan jumlah warung yang dititip barang, maka perputaran barang akan lancar. Penjualan bagus, warung senang karena suplai barang selalu tepat waktu dan terakhir tentunya akan menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Itu sedikit sharing tentang usaha saya mungkin berguna untuk usaha Anda. Temukan faktor kali tersebut, selanjutkan take action mengejar target penjualan yang Anda inginkan.

No comments:

Post a Comment