Pages

Yuk! Segera Lakukan Lompatan Dengan 3 Metode Ini


Tiga resolusi dibawah ini mungkin bisa menjadi bahan renungan dalam mengakhiri tahun 2015 untuk bisa melakukan lompatan di tahun 2016. Metode tersebut bisa menjadi modal pedoman kinerja di tahun 2016 atau tahun-tahun mendatang. Yuk! mulai berfikir bagaimana meningkatkat kesehatan dan fitalitas, tetap fokus dalam mengerjakan pekerjaan yang menumpuk, dan tepat waktu sebelum deadline.

1. Menjaga Kesehatan
Belajar dari kesibukan saya selama, ternyata saya mendapatkan satu kesimpulan bahwa sehat adalah hal yang paling pokok dalam hidup. Sehat menjadi modal utama untuk menyelesaikan segala urusan baik urusan ibadah, bisnis, sekolah, keluarga, masyarakat, pemerintahan, politik dan lain sebagainya. Misalkan ada seseorang yang memiliki aset usaha, tabungan berlimpah, asuransi jiwa, koneksi berjuta dan segunung dunia. Jika saatnya sakit mendera maka dia akan mengorbankan apa saja untuk mendapatkan yang namanya sehat. 'Biar miskin papa asalkan sehat sentosa' mungkin itu kata-kata terakhir yang terucap demi sebuah kesehatan.

Dengan modal kesehatan pula kita bisa melihat indahnya dunia, mengecap enaknya makan dan minuman yang ada dan menikmati fasilitas-fasilitas hidup lainnya. Namun ada satu pertanyaan 'apakah sehat menjadi agenda utama kita dalam hidup?' Saat kita sakit adalah kewajiban berusaha untuk sembuh. Ada pertanyaan yang lain lagi 'apakah harus menunggu sakit kemudiaan baru berusaha untuk sembuh menjadi sehat kembali?'. Kalau sakit wajib berobat maka menurut hemat saya, saat sehat kita sebetulnya juga wajib untuk menjaganya.

Dari beberapa referensi, tindakan preventif menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan lima cara yaitu makan teratur dengan gizi berimbang, olah raga, istirahat cukup, berfikir positif, dan yang terakhir tidak mengkonsumsi Napza (Narkotik, Psikotropika, dan zat aditif).

2. Menjaga Fokus / Prioritas
Selanjutnya membahas mengenai bab fokus mungkin kita akan menemui dua pendapat. Yang pertama setuju dengan single fokus (single tasking) yaitu kerjakan satu persatu kemudian baru dilanjutkan pekerjaan yang lain. Kebalikannya adalah multi fokus atau kita biasa menyebutnya multi tasking adalah mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Penganut single fokus mengatakan bahwa hasil yang kita peroleh akan lebih maksimal jika kita mengerjakan satu persatu. Lain halnya yang multi tasking, mereka mungkin berpendapat bahwa hasil yang mereka peroleh lebih banyak dan berkualitas.

Jadi dimana sebetulnya kita harus menempatkan diri. Saya sendiri lebih melihat kondisi otak kita. Apakah sedang dalam kondisi optimal dan bisa diajak kerja keras. Jika iya, maka multi tasking bisa saya gunakan dalam menyelesaikan beberapa hal dalam sekali waktu. Sebaliknya jika tidak dalam kondisi optimal maka single fokuslah yang saya terapkan. Mulai saya selesaikan satu persatu berdasarkan skala prioritas.

3. Berusaha In Time
Terakhir membahas kata In time. Seringnya kita mendengar kata On time yang artinya tepat waktu. Sedangkan In time adalah sebelum waktunya. Jadi misal janjian jam 10 maka Anda dikatakan In time jika datang sebelum jam 10 misalkan jam 9.30. Jika Anda datang pas jam 10 maka Anda dikatakan On time. Kebiasaan kita yang datang telat memang sulit diubah, tapi bisa!. Tentunya harus bertahap jika susah untuk berubah secara drastis.

3 hal tersebut mungkin berguna bagi Anda yang sedang dalam proses reinkarnasi yaitu proses berubah dari kurang baik menjadi baik ataupun dari baik ingin menjadi lebih baik. 'Anda adalah orang yang beruntung jika hari ini lebih baik dari hari kemarin'. Sebaliknya 'Anda adalah orang yang celaka jika hari ini lebih buruk daripada hari kemarin'. 

Implementasinya dijamin tidak akan semudah membalik tangan, mungkin akan mengalami trial and error, coba lagi dan lagi dan lagi. Masih ingat kan pepatah 'Musuh terbesar dalam hidup adalah diri kita sendiri?'.

No comments:

Post a Comment