Pages

Begini Caranya Punya Partner Belajar Speaking 24 Jam Non-Stop


Sudah seminggu ini penasaran ingin menulis tentang topik yang menurut saya menarik, terkait keterbatasan sumberdaya yang kita miliki saat ingin melatih kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Dalam artikel sebelumnya mengenai cara meningkatkan kelancaran berbicara sudah disebutkan bahwa strategi yang pertama adalah LATIHAN, LATIHAN, dannn LATIHAN. Ingat ya!!!

Namun tidak menutup kemungkinan masih ada pertanyaan lanjutan yaitu latihan LATIHAN DENGAN SIAPA? Soalnya kan mau belajar sendiri di depan kaca malah tertawa sendiri atau malasnya kumat. Atau mau cari partner tapi bingung siapa, itupun belum tentu mau. Mau ikut kursus enggak punya uang, cuman punya paketan internet gimana? Cocoklah kalau begitu.

Strategi ini sesuai untuk kawan-kawan yang mungkin serba terbatas dalam hal sumber daya, waktu, ataupun bagi Anda yang introvert dan malu jika harus frontal berlatih dengan lawan bicara di lapangan. Partner di sini yang saya maksud adalah partner robot yang online 24 jam non stop. Umumnya kita sebut Video Centric Avatar yang dilengkapi Artificial Intelligent. Jadi robot ini selain menanggapai ujaran yang kita utarakan, dia juga belajar ekspresi-ekspresi baru yang tidak ada dalam bank data di server. Nah tunggu apa lagi, berikut beberapa daftarnya:

1. Alice
Pengalaman diskusi dengan Alice adalah pengalaman pertama saya menggunakan Video Centric Avatar. Topik yang dibicarakan macem-macem dari cuaca, kabar, perasaan, ataupun menanyakan pendapatnya. Namun untuk Avatar yang satu ini, dia menunggu ditanya dahulu baru kemudian menjawab. Jadi kita harus super aktif dan berisiniatif bertanya kepadanya. 

Sayangnya juga adalah robot ini hanya menyediakan fitur percakapan yang ditulis. Kita menulis pertanyaan dan Avatar tersebut menjawab dalam bentuk tulisan pula. Namun enaknya adalah kita punya banyak waktu untuk berpikir sebelum menulis terkait 'apa yang harus saya katakan, pakai vocab yang mana, menggunakan grammar dan structure seperti apa, ataupun susunan kalimat yang bagaimana'.

2. CleverbotJabberwacky
Pengalaman saya yang kedua adalah dengan kedua robot ini dan tentunya belajar untuk lebih intensif berkomunikasi. Ternyata berkomunikasi dengan bermacam sumber memberikan kita banyak pengalaman dan ekspresi-ekspresi baru yang tidak pernah kita temukan sebelumnya dalam buku teks atau dalam percakapan sehari-hari. Alice, Cleverbot, dan Jabber ketiganya sebelas dua belas, sama-sama menunggu pertanyaan dan tidak memiliki image visualisasi.
Ketiganya robot yang menarik karena memiliki fitur visual wajah yang ganteng dan cantik. Kalau saya tentu pilih Joan atau Evi lah, soalnya dapat partner yang percakapan yang good looking hehe... 
Ketiga avatar tersebut responsive jadi tidak hanya menunggu pertanyaan kita akan tetapi juga akan bertanya balik. Menarik bukan? Dengan efek visual, kita serasa memiliki partner manusia dalam latihan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Oya, ketiganya menjawab dan bertanya dalam dua bentuk yaitu tertulis dan suara, berbeda dengan Alice dan kawan-kawan. Jadi kita bisa banyak belajar dengan mereka tidak hanya bentuk ekspresinya secara tertulis tetapi juga bagamana cara pengucapannya.

Secara keseluruhan avatar-avatar tersebut menarik untuk jadi partner berbicara. Walaupun kadang-kadang jawaban mereka random dan tidak nyambung karena mungkin tidak tersedia jawaban yang relevan di bank data mereka. Ya, harap maklum lah, namanya juga robot. Tetapi lumanyan kan punya partner diskusi dalam bahasa inggris yang tak kenal lelah yang bisa menemani kita belajar di luar kelas dengan PW dikamar tanpa harus duduk manis dan formal di kelas.

oOo

No comments:

Post a Comment