Pages

Ngapain Harus Repot Ikutan NOBAR Beasiswa?


Hanya dalam seminggu, kita panitia NOBAR (Nongkrong Online Bareng Bicara) Beasiswa perdana tentang beasiswa LPDP tanggal 13 Januari 2016 menyelesaikan persiapan acara tersebut. Seminar online yang diperkirakan mudah itu ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Cenat-cenut kepala kita kejar-kejaran sampai dengan jam 4 sore mulai dari diskusi tehnis pelaksanaan, koordinasi dengan pemateri dan moderator, pemilihan peserta, sampai dengan input data peserta ke dalam google contacts dengan jurus 11 jari. Maklum belum pada punya pengalaman kita-kita, tapi over all that was a wonderful experience. Akhirnya sukses pelaksanaan acara dari jam 7 sd 8 malam. Masih lanjut ternyata diskusi beasiswanya sampai dengan detik ini. Fighting Guys!!!

Ngapain juga buat acara beginian, bukannya sudah ada di website and informasinya juga bertebaran di Internet. Hoho...iya sih, tapi perlu kita tahu, rasanya dapat informasi dari first hand experience, kan beda. Lebih mantep tho!. Kita berharap acara ini mampu menjembatani teman-teman semua untuk mendapatkan minimal 4 hal berikut:

  1. Persiapan pendaftaran beasiswa yang akan segera dibuka. Contohnya NOBAR Beasiswa perdana kita bicara tentang LPDP. Kenapa? karena LPDP gelombang kedua akan  dibuka pendaftarannya mulai tanggal 22 Januari 2016. Artinya NOBAR Beasiswa akan selalu ada sebelum beasiswa jenis lainnya membuka pendaftaran. Semisal Fulbright Aminef akan membuka pendaftarannya pada bulan April 2016 maka kita akan sebisa mungkin mengadakan NOBAR Beasiswa AMINEF sebelum bulan April. Doakan saja panitianya kuat dan sehat ya.
  2. Semangat Komunitas. Masih ingat pepatah 'United We Stand, Devided We Fall', itulah kira-kira semangat kita yaitu persatuan dan kesatuan. Misalkan Anda masuk di group NOBAR Beasiswa LPDP, harapannya adalah saling menyemangati, dan berbagi progress pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan info terkait beasiswa LPDP. Walaupun nantinya group tersebut berisi info tambahan lain-lain, tapi perlu diingat fokusnya adalah progress pencapaian beasiswa terkait.
  3. Network. Hayo pada ngaku, senang kan punya teman baru yang penuh semangat dari 60 kampus berbeda se Indonesia raya. Nah itu yang kita mau, bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta, Semarang, Surabaya, tapi masih banyak kota-kota yang lain dimana kita bisa punya teman dari seantero Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selamat ya, kalian sudah punya  teman-teman kelas Nasional hehe...
  4. Konsultasi seumur hidup. Selama pembicara tidak meninggalkan group (makanya baik-baik sama pembicara, kirim parcel kenapa?) maka pembicara akan selalu menjawab setiap pertanyaan di waktu luang mereka. Yakin harus sabar lo ya, karena pembicara tidak hanya ngurusi group NOBAR Beasiswa.
Kami ingatkan kembali bahwa jadwal NOBAR Beasiswa akan mengikuti jadwal pembukaan pendaftaran beasiswa. Jadi program ini akan selalu ada sebelum beasiswa tertentu membuka pendaftaran. Kami juga belum memastikan beasiswa apa saja yang akan nongkrong di NOBAR, tapi selama ada pembicara yang terkait beasiswa tersebut maka NOBAR Beasiswa akan tetap eksis dan narsis.

No comments:

Post a Comment