Pages

Info dan Strategi Beasiswa


Salah dua kerjaan saya untuk mengisi waktu luang dari tahun 2010 adalah menulis mengenai strategi beasiswa berdasarkan pengalaman pribadi saat mendapatkan beasiswa ke India dan Inggris, selain itu juga adalah mengumpulkan link-link beasiswa yang mungkin berguna untuk saya pribadi dan kawan-kawan yang membutuhkan.

Hanya iseng saja sebetulnya karena strategi yang saya tulis itu bertujuan untuk mendokumentasikan apa yang sudah saya lakukan (lumayan, buat warisan anak cucu). Info-info yang saya kumpulkan itupun masih berserakan tidak karuan karena sifatnya hanya 'dapat dan simpan' setelah itu ya...ditengok kalau ada yang tanya 'Mas kalau beasiswa ini atau itu, tahu?'. Nah baru deh, mulai scrolling down, korek-korek cari info yang dimaksud. Mau gimana lagi, sibuk sih...(sok sibuk) hehehe...Jadi saya memohon maaf dengan sangat jika ada temen-temen yang tanya kemudian saya jawab hanya dengan 'Baca-baca dulu ya di blog saya sebelum diskusi lebih lanjut' atau 'Kulik-kulik link di link ini, tinggal scroll turun saja, ada kok, selanjutnya kita diskusi'.

Yang jelas saya inginya mengumpulkan info tentang beasiswa belajar untuk s1, s2, s3, Post Doctoral, pertukaran karyawan dan mahasiswa baik yang ingin ke dalam atau ke luar negeri. Saya yang dulu mau cari beasiswa saja bingung dimana mencari informasinya, ternyata setelah terjun dan berkutat di wilayah itu mendapatkan banyak sekali jalan. Tentunya yang saya pilih satu saja yaitu yang saya rasa cocok sesuai minat, bidang, dan karakter pribadi saya. Jenis beasiswa yang lain ya, silahkan teman-teman ambil.

Untuk strategi mendapatkan beasiswa sebetulnya itu-itu saja kok, kertas-kertas yang ditulis ya jenisnya jelas hanya itu-itu juga. Namun strategi lahiriyah yang paling pokok adalah persiapan. Apa saja? ada beberapa, baca sendiri ya. Dalam formulir beasiswa yang biasanya diminta juga seputaran data pribadi, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, daftar penghargaan, keikutsertaan dalam seminar nasional internasional, dan daftar publikasi. Ga banyak kan? Kemudian misal diminta untuk menyertakan lampiran itupun paling ya sekitaran surat rekomendasi, motivation letter, personal statement, dan study objective. Buatnya gampang, nulisnya dalam bahasa Inggris yang perlu latihan.

Nah, yang ingin serius dapat beasiswa silahkan diakses link-link berikut
  1. Info dan Strategi dengan cara mengetik atau klik label kata kunci dalam kotak pencarian atau di bagian menu navigasi sebelah kanan atas (gunakan website version jika menggunakan HP)
  2. Jenis Beasiswa (Tinggal di scroll down saja untuk cari beasiswa yang cocok)
  3. Kelas GRATIS Orientasi Beasiswa (Khusus peserta kelas TOEFLplus)
  4. NOBAR (Nongkrong Online Bareng) Beasiswa
  5. Diskusi lebih lanjut silahkan kontak saya di FB. Akan saya jawab kalau sedang tidak mengajar (Sabar ya kalau lama belum dijawab, sok sibuk sih...hehehe)

oOo

No comments:

Post a Comment