Pages

Beasiswa Exchange Paling Cocok Buat yang masih Kuliah atau Sekolah

Jika kita masih kuliah atau sekolah, ternyata kita juga punya banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Ada beasiswa penuh dari awal hingga selesai kuliah dan beasiswa prestasi di setiap semesternya yang diberikan oleh kampus, sekolah, pemerintah, dan swasta. Selain beasiswa tersebut di atas, ternyata masih ada satu lagi yaitu beasiswa exchange, international conference, volunteer, dan fellowship. Durasinya tidak panjang mungkin antara 3 hari sampai dengan 9 bulan tergantung program yang ditawarkan. Keikutsertaan tersebut sangat bagus untuk persiapan dan batu loncatan jika ingin mendaftar beasiswa pendidikan tinggi selanjutnya. Paling tidak dari keaktifan kita dalam proses program tersebut, kita menjadi individu yang lebih mandiri dan kompetitif. Menjadi individu yang memiliki kesiapan lebih awal  dalam mengejar jenjang pendidikan kita yang lebih tinggi, dan terlatih dalam kompetisi nasional dan internasional. Nah, kira-kira informasi penting apa yang perlu kita kuasai terkait program exchange untuk persiapan pendaftarannya. Check out di daftar pertanyaan dan jawaban di bawah ini sebagai hasil seminar online yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Salatiga.

Q: Bagaimana cara mendapatkan sponsor jika ingin mengikuti exchange yang bayar itu? (Kadang karena exchange yang fully funded itu kuotanya sedikit banget dan peminatnya juga banyak), jadi kadang diriku terpikir dan memang ada kemauan untuk ikut exchange yang berbayar itu. Contohnya yang dari Gotravindo, dll. Namun, masih terkendala sama biaya. 
  • Sponsor bisa kita dapatkan dari kampus dengan menemui wakil dekan bagian kemahasiswaan,
  • Atau bisa tanya ke konsultan kamu di kampus (misal di kampus ada coaching exchange atau beasiswa, bisa di tanyakan kepada coach nya),
  • Selain itu juga bisa meminta sponsor dari pemerintah kota
  • Semua itu dapat dipersiapkan dengan membuat proposal sponsor terlebih dahulu, pikah yang diminta ada kaitanya dengan kegiatan kita, dan mereka bisa mengambil manfaat dari kegiatan yang akan kita kerjakan
Q: Contoh non government organization itu apa aja min?
  • NGO itu pekerjaannya membantu permasalahan masyarakat dengan memberi progran, tidak menjual produk atau jasa. Seperti Kalla foundation, Great (Gerakan Kerelawanan Internasional), nah kalau sya ikut Great. Silahkan ketik di mbah gugel tentang NGO yang ada di Indonesia.
Q: Bagaimana cara kita dapat memprediksikan pertanyaan dalam wawancara agar tepat?
  • https://goo.gl/e4Pc8U ini saya sertakan link terkait wawancara, silahkan dicermati beberapa pertanyaan penting terkait wawancaranya ya.
Q: Exchange ini hanya diperuntukan mahasiswa semester 2/3/4 lalu bagaiamana bagi siswa SMA atau lulus SMA tapi aktif di organisasi,  berpengalaman di management dan juga teaching...
  • Banyak program yang tidak mensyaratkan kuliah, di Gogling aja, bisa ikut exchange, international conference, volunteer, dan fellowship. Yang masih sekolah coba daftar AFS https://goo.gl/kVjx3Q 
Q: Saya lulus kuliah kemarin...tapi saya ditunjuk sekolah agar mengabdi dan ngajar serta diamanahi agar mengembangkan bahasa dipondok saya...Jumlah santri 4000 lebih...PM. Ummul Quro al Islami. Saya memiliki kemampuan bahasa inggris aktif dalam speaking writing ataupun listening. Mendapatkan exchange sangatlah berpengaruh terhadap pengalaman saya agar lebih mampu dalam memajukan bahasa internasional ini kepada murid murid saya...Apakah bisa??

  • Exchange untuk yang lulus s1 ada seperti LeadershipCamp, international conference, study execussion, AISEC, Great dll dan tetap menggunakan seleksi.
  • Jika sekolah membutuhkan native speaker, bisa mengikuti seleksi dari US Embassy Jakarta, coba dilihat di web berikut https://goo.gl/nLSWvj
  • Saran saya kalau sudah lulus S1 langsung lanjut master saja karena sudah memenuhi syarat master, Lulus S1, sedangkan exchange banyak kesempatan bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah.
Q: Kak mau tanya, itu maksudnya sertifikat training itu apa ya kak? Disitu juga tertulis sesuai bidangnya

  • Misal teman2 sedang belajar di jurusan pendidikan, berarti ikut training yang linier dengan jurusan yang kita ambil misal teacher training, preservice teacher training atau leadership training. Nanti akan berbeda lagi jika jurusanya Sains, teologi, ekonomi, humaniora dll.
Q: Lantas adakah kiat" sukses dalam kepenulisan essay ? Dan adakah jenis pertanyaan yang bisa menjebak saat wawancara? Contohnya seperti apa? Serta bagaimana cara menghadapi pertanyaan semacam itu?

  • Untuk essay, silahkan lihat panduan yang tertera pada form program, misal diminta nulis tentang apa itu pasti ada di guideline nya. Nulisnya harus padat dan efisien. Jangan lupa untuk proof read, menggunakan jasa orang lain untuk mengecek tulisan kita.
  • Pertanyaan menjebak ada, pertanyaan mengenai diri anda > maka dijawab dengan menjelaskan kelebihan diri anda
  • Pertanyaan mengenai kekurangan anda > jawablah dengan menyebutkan kekurangan anda dan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.
  • Pertanyaan tentang apa yang anda dilakukan sekarang > ceritakan kegiatan dan apa yang anda pelajari dari aktifitas tersebut.
  • Jawabalah pertanyaan dengan singkat, jelas, dan padat. Janga bertele-tele dan klise, yang realistis dan sesuai dengan kapasitas kita.
Q: Essay/karya tulis yang masuk sebagai persyaratan, apakah harus yang pernah menjuarai sebuah lomba atau tidak? 

  • Tidak harus. yang penting tulusan itu bermanfaat, tidak SARA dan SARU, karya sendiri, original. Tulisanya bisa di publish di medsos/ blogs untuk memudahkan akses bagi para pembacanya.
Q: Jika syarat pokoknya tidak terpenuhi 1 point, apakah itu dinyatakan gugur?
  • Syarat itu tergantung requirement masing2 program. Karena setiap program pasti mempunyai syarat2 tertentu, tidak semuanya sama. Jadi harus bisa memenuhi semua persyaratnya agar lolos ke tahap selanjutnya.
Q: Bagaimana menjelaskan kepada anak MaBa (mahasiswa baru) itu tidak takut akan berorganisasi, karena terkadang ada MaBa yang takut berorganisasi takut IPK jelek?
  • Diajari manajemen waktu. Kuliah diutamakan baru organisasi. Jika harus memilih antara masuk kuliah dan rapat organisasi, maka pilihlah masuk kuliah baru kemudian rapat. Jadwal rapat bisa dinego sesuai kesepakatan. Lebih baik ikut 1 organisasi, fokus, dan menjadi pengurus dibandingkan ikut banyak tapi hanya jadi anggota. Karena dengan fokus kita akan kaya pengalaman dan pengetahuan
Q: Terkadang ada anggota organisasi dia cuma ikut"an sama temannya, maksudnya dia masuk dalam organisasi cuma ikut" temannya atau ia ikut organisasi namun ia tidak aktif. Bagaimana cara agar ia masuk organisasi tanpa ikut" teman dan ia ikut organisasi tapi aktif?
  • Fakta di lapangan memang begitu. Makanya perlu merekrut yang banyak supaya nantinya bisa terseleksi yang aktif banyak secara alami. Lihat prosentase dari jumlah anggota aktif berbanding dengan total anggota baru, dari situ kita bisa menargetkan jumlah peserta baru di tahun ini beserta prediksi prosentase jumlah member aktif
Q: Bagaimana cara memimpin organisasi agar bisa terlaksana dengan baik, setiap organisasi pasti ada masalah saat melaksanakan kegiatan atau tidak, dan terkadang juga perbedaan pendapat bisa memecahkan organisasi?

  • Memimpin dengan prinsip2 leader bukan bos seperti "Lets go team (together we achieve more), mengutakan kebersamaan musyawarah dan mufakat, melibatkan pengurus dalam pengambilan keputusan, coba googling perbedaan antara pemimpin dan boss.
  • Kemudian utk proses pelaksanaan program tentunya mengikuti sebuah alur yaitu Plan, Do, Preparation, Check, Action, Evaluation, and Celebration.
  • Selama proses tersebut sesuai dengan alur dan mencapai target rencana awal maka masalah akan minimal.
  • Beda boleh karena setiap individu melihat dari sudut pandang berbeda, menggunakan kaca mata yang beda, pengalaman hidup yang beda, mental yang beda, keilmuan yang beda. Disinilah peran penting seorang pemimpin yang dapat mengolaborasikan perbedaan yang ada untuk saling melengkapi guna mencapai tujuan organisasi atau terlaksananya sebuah kegiatan. Perbedaan pendapat yang ditujukan untuk diskusi adalah mengedepankan semangat gorong royong untuk mencari pendapat mana yang paling mendukung pencapaian cita organisasi.
Q: Terkadang ada mahasiswa sering ikut seminar namun hanya mengejar sertifikatnya bukan ilmunya bagaimana cara mengatasinya?

  • Minta mereka untuk mencatat dan membuat minimal satu pertanyaan. Yang bertanya akan dipilih secara acak untuk mendapatkan hadiah
Q: Kriteria Essay yang baik dan benar itu bagaimana? Masih sering bingung kalo bikin essay yang bener. Kadang masih suka takut kalo salah. 

  • Essay yang baik adalah memiliki tema yang jelas dan spesifik
  • Menggunakan kaidah penulisan yang sesuai eyd atau standar sebuah kalimat.
  • Isinya runtut di setiap paragrafnya
  • Isinya bersambung antar paragrafnya
  • Menggunakan struktur deduktif, memulai dari topik kalimat dilanjutkan dengan kalimat penjelas
  • Bayangkan sebuah Burger. Ada bagian toppingnya sebagai paragraf pendahuluan. Ada sayur, tomat, daging, saos sebagai paragraf-paragraf isinya. Ada bagian bottomnya sebagai paragraf penutup.
Q: Bagaimana proses seleksi di Student Mobility Program ke Australia tahun 2015? Dan apa yang perlu dipersiapkan agar bisa lolos tahap demi tahap?

  • Proses seleksinya ada 2 tahap yaitu administrasi dan wawancara, bisa di buka linknya di slide terakhir untuk rincian syaratnya. Yang perlu di persiapkan adalah berdoa, mempersiapkan berkas2 syarat2 di awal jangan mempersiapkan last minute, dan percaya diri. Untuk test wawancara bisa di buka lagi di link berikut https://goo.gl/n4HjVf
Q: Apakah program exchange hanya untuk yang masih aktif kuliah? Atau peserta umum bisa mendaftar? Terus bagaimana kita bisa bergabung dan menjadi traveler?

  • Exchange biasanya untuk mahasiswa yang masih aktif kuliah. Untuk umum ada beberpa program internship atau magang, dan yang sudah lulus S1 langsung lanjut kejar beasiswa S2. Menjadi traveler adalah bonus dari program2 itu.
Q: Bagaimana bisa mendapatkan banyak informasi tentang Exchange dan beasiswa?

  • Saya biasanya cari info dari mading kampus, FP Beasiswa Merah Putih www...., dan bisa dari info sosmed mana saja tentang beasiswa2. Cari saja info sebanyak2nya, termasuk dari komunitas2. Stay KEPO aja deh pokoknya.
Q: Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk mengkikuti tes TOEFL? Adakah kriteria khusus yang bisa mengikuti tes toefl tesebut?

  • Yang perlu teman2 ketahui bahwasanya TOEFL adalah termasuk kategori Skill, dan skill harus selalu di asah untuk meningkatkan score nya. Belajarlah teratur setiap harinya, misal 1 jam sehari.
  • Tips2nya simple sebenarnya; Practice, Practice, Practice
  • Ada tingkatan jam terbangnya juga lho
  • 32 jam, 48 jam atau 68 jam (dalam range 2 bulan) setelah itu ambil toefl ITP
  • 32 jam ditempuh dalan 2x seminggu 2 jam
  • 48 jam, 3x seminggu 2 jam
  • 64 jam, 4x seminggu 2jam
  • Ingat, Istiqomah
  • Untuk buku bisa pakai LONGMAN, BARON atau Cambridge
  • Semua orang boleh mengikuti tes tersebut tanpa ada syarat khusus.
Q: Biasanya student exchange itu pake tes wawasan kebangsaan ya? Itu biasanya terkait dengan apa ya kak?

  • Pertanyaan terkait personal, penyedia program, dan kemampuan problem solving. Wawasan kebangsaan mungkin jika penyedia program tersebut adalah pemerintah Indonesia. Contoh pertanyaannya semisal siapa menteri luar negeri sekarang.
Q: Kak saya masih bingung apa maksudnya exchange itu apa?

  • Ecxhange artinya pertukaran pelajar. Jadi mahasiswa Indonesia berkunjung sambil belajar ke negara lain.
Q: Kita sama" baru masuk organisasi namun saya bidangnya berbeda sama temannya, saya itu dicantumkan sebuah organisasi tapi sebagai anggota yang selalu aktif bekerja, namun teman saya terkadang ia ditugasi sebagai pengurus namun ia tidak terlalu aktif dalam bekerja. Bagaimana cara mengatasi masalah ini karena saya pernah mengamati masalah" lain dan saya termasuk mahasiswa aktif di berbagai organisasi, dan organisasi saya tidak hanya 1 tapi lebih dari itu and alhamdulillah saya aktif semua.

  • Bisa nyalon jadi ketua saja di periode berikutnya di salah satu organisasi. Jika banyak organisasi jadilah orang kunci di salah satu saja, sedangkan di organisasi yang lain sebagai anggota. Jadi pengalaman kita lengkap. Mampu membuat program dan mampu melihat permasalahan di level bawah dan atas
Q: Yang dinilai dari student exchange itu lebih banyak dari speaking apa toefl/semacamnya?

  • Seleksi administrasi, essay, toefl, wawancara. Wawancara in English pastinya
Q: Ijazah lulus IELTS apa tidak berlaku permanen? Tiap tahun di uji lagi apa gimana?

  • IELTS hanya berlaku 2 tahun, setelah itu test lagi. Sama dengan TOEFL juga 2 tahun
Q: Kak bagaimana kalau kita mau mencoba exchange, tetapi kita tidak memiliki skill yang memadai?Tetapi kita memiliki semngat dan kemauan yang tinggi?

Q: Apa ada ditentukan nilai TOEFL nya? If yes, Minimal nilai TOEFL nya berapa?

  • Biasanya ada ketentuanya, dari 450-500. Untuk amannya prepare your 500 score. Biasanya yang 500 lebih diprioritaskan
Tidak banyak notulensi yang bisa kita tulis dikarenakan waktu seminar online yang pendek yaitu sekitar 2 jam. Jika masih ada pertanyaan silahkan ditujukan ke nomor admin Rumah Belajar ABi (Aku Bisa) di 0858.1160.3268. Kalau diterima program exchange atau seputar itu kabari kita ya, supaya bahagia dan semangatnya bisa teruskan untuk memotivasi teman-teman yang lain. See you at the top!

 oOo

Miftachudin Arjuna

Calon dosen IAIN Salatiga yang masih perlu banyak belajar. Berharap suatu saat bisa jadi ahli bahasa dan teknologi. Lewat tulisan, berusaha menebar semangat dan mendorong kawan-kawan Indonesia mencapai impian-impian mereka ke depan

No comments:

Post a Comment