Pages

Hidupku tidak semangat, so?


Setiap detik berlalu, setiap tahun berganti, time flies, kembang api dan terompet meriah di mana-mana. Kita merayakan pergantian tahun dengan bersemangat penuh kegembiraan. Akan tetapi kita kembali malas dan loyo setelah tiba di rumah masih-masing. Kita menginginkan kegembiraan dan semangat itu terus berkobar selanjutnya di hari-hari biasa menjadi bahan bakar untuk terus bersemangat mengejar impian-impian kita di hari dan tahun berikutnya. Masalahnya kondisi itu tidak terjadi. Kenyataanya adalah kita bangun pada keesokan harinya dengan rasa lelah, ngantuk yang menggantung, dan mungkin bangun kesiangan. Setelah itu lupa dengan apa yang ingin dikerjakan. Kalau sudah seperti itu kita butuh solusi tentunya untuk menjaga semangat kita berkobar secara terus menerus dari waktuk ke waktu.

1. Milikilah motto hidup orang sukses yaitu pantang menyerah
"Kegagalan hanya terjadi jika kita menyerah", salah satu quote dari president ke 3 Indonesia sekaligus tokoh insiyur dunia bidang aviation industri yang terkenal dengan Crack Progression Theory atau Theory of Habibie. Hasil desainnya pernah di beli NASA dan Hak Patennya pun dipakai oleh banyak perusahaan terkenal salah satunya Air Bus dan perusahaan roket. Bagaimana beliau bisa sesukses itu lihatlah quote di atas. Cara kita untuk meniru kesuksesannya gampang, tinggal contek saya mumpung mencontek itu boleh. Kita copy paste semangatnya dengan terus mengingat bahwa gagal itu adalah bagian dari proses, gagal itu baik selama kita belajar dari nilai yang ada di dalamnya. Kita akan gagal dengan sesungguhnya jika kita menyerah sebelum mencapai garis finish. Orang yang sukses adalah orang yang selalu bangkit sekali lagi, ya, betul, BANGKIT SEKALI LAGI, saat kita jatuh.

2. Gunakan tehnik 85/15
Tehnik ini adalah menggunakan 85% waktu untuk berkumpul dan belajar dengan orang-orang yang memiliki satu frekuensi dengan kita atau orang-orang yang memiliki kemampuan lebih dari kita. Masih ingat kan, jika kita kumpul dengan para pengedar narkoba kita tunggu saja kena getahnya, kumpul dengan tukang las kita akan juga ikut beraroma bakar, kita kumpul dengan penjual minyak wangi akan otomatis wangi juga. Jadi gunakan 85% waktu kita untuk berkumpul, bertemu, dan belajar dengan orang-orang yang semangat, berprestasi, dan dinamis. Yakin, kita pun akan menjadi semangat. Berikut salah satu contoh kumpul-kumpul yang bisa membuat semangat 'Project Master Club' https://goo.gl/AvmBNW

15% waktu sisa harian kita boleh digunakan untuk bertemu dengan orang-orang loyo, orang gagal hanya untuk belajar mengapa mereka mengalami kondisi seperti itu, sehingga kita bisa merefleksikan dan visualisasi ke diri kita untuk tidak memiliki hal yang sama seperti mereka.


3. Menyusun prioritas dan menentukan cara mencapainya.
Prioritas adakah keinginan atau impian yang ingin dicapai terlebih dahulu. Kenapa menyusun prioritas ini penting karena sumber daya kita terbatas (waktu, uang, kesehatan, fasilitas, dll) untuk memenuhi keinginan kita yang tidak terbatas. Saya pernah membuat project 'A letter from the future', isinya adalah menulis 150 impian-impian kita ke depan. Para peserta mengalami kesulitas di awal akan tetapi setelah beberapa hari mereka berhasil menulis daftar 150 hal tersebut bahkan ada yang merasa memiliki lebih dari jumlah itu.  Kita percaya bisa mencapai semuanya, tapi mungkin tidak semuanya bisa di capai sekarang dan bersamaan. Mungkin kita perlu untuk bersabar dengan mencapai apa yang paling penting untuk saat ini. So buatlah skala prioritas. Untuk format boleh mencontek di lembar berikut https://goo.gl/Faeopi

4. Lakukan evaluasi berkala
Evaluasi adalah waktu dimana kita menengok kembali impian, prioritas, cara pencapaiannya apakah sudah mencapai kemajuan yang diinginkan. Jika belum inilah waktunya untuk duduk sejenak memikirkan jalan alternatif untuk lebih cepat, tepat, efisien, efektif mencapai impian-impian kita. Sekaligus merevisi apa yang perlu diluruskan kembali. Evaluasi berkala juga menjadi momentum ataupun turning point untuk kita kembali mengingat apa yang sudah dikerjakan, apa yang perlu dikerjakan, dan ready steady GO!!! semangat kembali mengejar impian-impian kita.

5. Visualisasi
Lebih dari 80% impresi, pengalaman hidup, pengalaman belajar diserap melalui indera visual yaitu mata. Sehingga bentuk visual menjadi pertimbangan penting dalam sebuah kegiatan termasuk dalam menetapkan impian-impian kita. Jika sebatas kita katakan dan dengungkan, hanya 10% akan kita ingat dan tersimpan kuat ke dalam otak. Untuk itu perlu dituangkan dalam bentuk visual misalnya dalam bentuk tulisan, gambar, dan icon. Jika kurang visual bisa kita buat dengan ukuran besar, seukuran MMT misalnya 3 meter kali 3 meter, sehingga kelihatan dari jarak 50 meter. Tempel di tempat-tempat dimana kita suka berada disana, bisa di meja belajar, almari baju, pintu kamar mandi, buku kerja, pembatas kertas. Dimanapun yang kita kemungkinan akan selalu bertemu dengan visual impian-impian kita. 

6. The Power of Afirmasi
Afirmasi adalah proses pengulangan, umpan balik, dan penguatan impian-impian ke otak kita secara terus menerus. Fungsinya supaya impian-impian kita tersebut tersimpan kuat ke dalam otak jangka panjang dan otak bawah sadar. Dengan memadukan tehnik visualisasi yang sudah kita lakukan ditambah dengan tehnik lisan dan tulisan, otak dan tubuh kita akan bekerja secara otomatis mengejar prioritas dan impian tersebut. Baca lebih lanjut https://goo.gl/jhVefm

7. Celebration
Merayakan kemenangan adalah satu bagian akhir yang kita sering lupa untuk mengerjakannya. Setelah berpeluh, menjalani begitu kompleks, penat dan panjanganya perjuangan. Saatnya kita sedikit sit back and relax untuk mengambil nafas, meregang otot, dan menghargai kerja keras dan pencapaian yang telah kita raih. Belilah es krim, nonton, atau apapun itu namanya sebagai hadiah penyelesaian prioritas yang telah kita fokus dan kita selesaikan.

Hal-hal di atas adalah salah tujuh strategi yang perlu dikerjakan untuk membuat, menjaga, dan mendorong semangat belajar, kerja, dan hidup kita supaya TERUS TERUS TERUS mengalir sampai jauh. Kayak lagu Bengawan Solo yang melegenda hingga kini di skala lokal dan internasional.

No comments:

Post a Comment