Pages

Info Lengkap Beasiswa ICCR GCSS India


Informasi Umum
General Cultural Scholarship Scheme (GCSS) of the Indian Council for Cultural Relation (ICCR) New Delhi setiap tahun membuka peluang belajar bagi pelajar Indonesia dan dunia untuk melanjutkan kuliah di India. Jenjang yang disediakan meliputi S1, S2, MPhil dan S3.

Jurusan yang disediakan meliputi semua bidang studi kecuali bidang medicine (MBBS), dentistry (BDS), nursing dan jurusan lain terkait bidang kedokteran.

Slot Beasiswa
Untuk pelajar Indonesia, ada 20 slot beasiswa yang bisa diperebutkan. Update informasi bisa diakses melalui Kedutaan Besar India di Jakarta. Alternatifnya bisa juga menelfon langsung Atase Pendidikan mulai bulan November-January.

Akhir Pengiriman Aplikasi
Sejauh pengalaman saya, aplikasi resmi sudah ada mulai tanggal 24 November. Akan tetapi faktanyanya, saya baru bisa mulai download pada tanggal 1 Januari. Masalahnya adalah masa pengiriman aplikasi yang pendek dan harus dikirim sebelum tanggal 22 Januari. Jadi waktu itu hanya memiliki waktu 20 hari persiapan meliputi pengisian formulir aplikasi, proof reading aplikasi, terjemah ijasah dan transkrip, meminta rekomendasi dan masih banyak lagi terkait persyaratan beasiswa tersebut.

Early birds catch the first worms

Lebih baik mempersiapkan semuanya di awal mulai bulan November. Jadi kita memiliki waktu 3 bulan untuk mempersiapkan semua persyaratan yang diperlukan. Jika memang ICCR merupakan salah satu jalan untuk lanjut studi, maka ada baiknya untuk mengontak dan berdiskusi dengan para pelajar di India untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman mereka tentang beasiswa ini. Berikut link pelajar Indonesia di India yang bisa ditindak lanjuti.
  1. Website PPI India
  2. Chat group PPI India
  3. Forum Komunikasi PPI India
Fasilitas
Beasiswa ICCR akan membayar beberapa hal meliputi biaya kuliah, biaya hidup, uang buku, uang jalan-jalan, biaya kesehatan dan manfaat yang lain.

Fasilitas tersebut tentunya hanya berlaku kepada penerima beasiswa yang sudah sampai di India. Sehingga untuk biaya sebelum sampai di India harus kita tanggung sendiri. Misalnya biaya transportasi ke Jakarta saat test bahasa Inggris, biaya membuat visa di Kedubes India, biaya pesawat ke India ataupun uang saku sebelum mengambil biaya hidup bulan pertama.

Sebelum berangkat ke India, kita diminta untuk mengumpulkan satu lembar pernyataan yang menerangkan bahwa kita akan mengembalikan semua uang yang sudah kita terima jika kita mengundurkan diri di tengah perjalanan belajar. Persyaratan surat pernyataan tersebut tidak ada dalam persyaratan pendaftaran pertama kali karena persyaratan tersebut hanya diberikan melalui surat bersamaan dengan surat tanda diterimanya peserta sebagai penerima beasiswa ICCR.

Aplikasi dan Informasi Lanjutan
Untuk informasi lebih lanjut, kita bisa mendapatkan aplikasi dan update informasi beasiswa ICCR melalui Kedubes India www.indianembassyjakarta.com. Alternatifnya jika tidak bisa di download melalui link tersebut, kita bisa mengunjungi DIKTI Index untuk mendapatkan booklet aplikasi beasiswa tersebut.

Alamat Korespondensi
Education Wing, Embassy of India
Jl. HR Rasuna Said, Kav. S-1
Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Tel: (62-21) 520 4150/52/57/526 4931/Ext. 28 & 521 3775
Fax: (62-21) 5204160, 5265622, 5264932, 5226833
E-mail: ssedu@net-zap.com or edujkt@net-zap.com or infowing_eoi@net-zap.com

Catatan Penting: Formulir dan persyaratan dari tahun ke tahun terkadang berubah. Jadi kita perlu cek update persyaratan terbaru dan menyesuaikan diri.

No comments:

Post a Comment