Pages

Menggapai Mimpi Melalui Beasiswa LPDP

Selain beasiswa Fulbright, terdapat beasiswa baru yang dimiliki pemerintahan Indonesia yaitu beasiswa Lembaga Penyedia Dana Pendidikan (LPDP). Silahkan kunjungi www.lpdp.depkeu.go.id. Beasiswa LPDP merupakan terobosan luar biasa dari pemerintahan Indonesia dan patut di apresiasi. LPDP sendiri merupakan lembaga dibawah tiga kemetrian Republik Indonesia yaitu Kemetrian Keuangan, Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kemetrian Agama. Tujuan utama dari beasiswa ini adalah mempersiapkan pemimpin masa depan Indonesia dimana diharapkan kepada setiap penerima beasiswa untuk berkontribusi nyata sesuai bidang masing-masing setelah menyelesaikan pendidikan.

Bagi Anda yang ingin kuliah S2/S3 baik di dalam negeri ataupun luar negeri, LPDP merupakan beasiswa yang tepat yang harus Anda daftar. Beasiswa ini luar biasa karena penerima beasiswa bisa kuliah di kampus mana saja di dunia ini. Jika Anda ingin berkuliah di kampusnya Barrack Obama atau Cinta Laura di Columbia University, New York, Amerika, LPDP bisa membiayai Anda untuk kuliah disana. Anda juga bisa kuliah di kampus-kampus top Amerika lainnya seperti MIT, Harvard, dll. Jika Anda penggemar sepakbola Inggris, LPDP bisa mengirim Anda kuliah di Inggris seperti di Oxford,Cambridge, atau di University of Manchester dimana tidak hanya bisa kuliah,tetapi Anda bisa nonton langsung pertandingan Manchester United atau Manchester City.

Intinya adalah jika Anda ingin S2/S3 di luar negeri, Anda bisa kuliah dimana saja selama kampus tujuan Anda termasuk dalam peringkat 200 terbaik dunia (www.topuniversities.com). Anda juga bisaS2/S3 di kampus-kampus top di Indonesia seperti di UI, ITB, UGM, dan seterusnya. Seberapapun besar biaya kuliah dikampus tujuan, LPDP akan menanggung nya. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa penuh dimana LPDP akan membayar SPP penerima beasiswa, memberikan biaya hidup perbulan sesuai kota penerima beasiswa berada, uang buku, transportasi berangkat dan pulang, visa,dsb. Bahkan bagi mereka yang sudah berkeluarga, LPDP memberikan tunjangan keluarga sebesar 25 % dari biaya hidup yang di dapat penerima beasiswa.

Jika Anda berminat untuk S2/S3, Anda bisa mendaftar beasiswa ini kapan saja karena pendaftaran dibuka sepanjang tahun. Adapun proses seleksi beasiswa ini tidak sulit dimana terdapat seleksi administrasi, wawancara, lalu Program Kepemimpinan (sekarang kalau tidak salah di sebut Persiapan Keberangkatan).

Calon pelamar beasiswa LPDP harus mengisi formulir pendaftaran secara online dan mengunggah dokumen-dokumen seperti ijazah S1 bagi yang mendaftar S2, dan ijazah S2 bagi yang mendaftar S3, transkrip nilai, TOEFL atau IELTS, dst di www.lpdp.depkeu.go.id.

Bagi penulis yang merupakan penerimabeasiswa LPDP, tahapan seleksi beasiswa LPDP yang sangat berkesan adalah Program Kepemimpinan. Pada kesempatan tersebut, penulis beserta sekitar 121 orang lainnya dikumpulkan di Wisma Hijau Depok guna mengikuti Program Kepemimpinan Batch 16 selama 7 hari. Disana kami di beri materi-materi luar biasa tentang kepemimpinan, entrepreneurship, dan kegiatan-kegiatan seru ketika oubond.

Pada akhirnya, penulis meyakini bahwa kita semua memiliki mimpi-mimpi yang luar biasa. Salah satu mimpi bersama kita adalah membangun negri. Tentu kita harus mempersiapkan diri agar bisa berkontribusi secara maksimal. Terdapat begitu banyak beasiswa yang bisa kita coba. Fulbright dan LPDP merupakan dua dari sekian banyaknya beasiswa yang siap membantu kita menggapai mimpi, dan pada akhirnya bisa mengaplikasikan ilmu yang kita dapat bagi kepentingan Indonesia.

Maka dari itu, raihlah kesempatan emas ini. Tidak peduli apakah Anda berasal dari keluarga miskin, kaya, anak pejabat, lulusan dari universitas yang tidak terkenal, LPDP membuka kesempatan kepada siapa saja.

Silahkan bergabung menjadi 'Pemburu Beasiswa' seperti saya. Daftar sebanyak-banyaknya, dan semoga Tuhan memberikan rejeki. Lengkapi segala persyaratannya, daftar, perbanyak do’a dan ibadah lainnya, berangkat lah kekampus tujuan dan belajar dengan baik, lalu mari kembali ke Indonesia untuk bersama membangun negri. Salam sukses.


Pahmi Idris, MA.
 

No comments:

Post a Comment