Pages

4 Refleksi Pengajaran Mahatma Gandi


Pengalaman belajar di India merupakan pengalaman yang cukup berkesan walaupun saya hanya tinggal di sana sebentar. Tepatnya sekitar 3 bulan saya berkesempatan untuk sekilas belajar bahasa Inggris di salah satu kampus di Hyderabad yaitu EFLU (English Foreign Language University). Selain bahasa ternyata ada 4 hal yang dicatatan saya penting untuk kita semua belajar dari negeri Anak Benua India. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Nasionalisme
Saya mendapati banyak hal seperti mobil, bajai, lampu, pipa, peralatan kamar mandi, peralatan dapur, memiliki merek India semuanya dan orang orang bangga menggunakannya. Mereka memproduksi sendiri dan menggunakanya dengan bangga karena produk tersebut mempunyai jaminan kualitas yang baik. Mungkin saya juga akan melakukan hal yang sama suatu saat.

2. Selalu sederhana
Saya belum sempat berkelana di seluruh India jadi pendapat ini mungkin subjektif. Orang orang di sana tidak modis, mungkin mereka tidak mengalokasikan uang ke pakaian (menurut saya, boleh di kritik kalo keliru). Satu hal yang saya pelajari adalah sebagian dosen tidak berpenampilan menarik tapi isi kuliahnya berkualitas. So, do not judge the book from its cover!

3. Kalem dan sabar bro!
Saya sering adu argumen tentang pelayanan jasa dan barang di India sekaligus belajar bagaimana berbicara diplomatis dengan kata kata bukan dengan otot. Pernah juga melihat seorang sopir bajai bertengkar dengan pengendara motor di tengah jalan sehingga membuat macet puanjang buangets. Luar biasa kan, ternyata Mahatma Gandi berhasil, selamat! Anda mengajarkan tanpa kekerasan dengan sangat baik.

4. Menghargai dan membantu teman dengan cara terbaik
Saya tinggal di lingkungan baru dan dengan sedikit teman teman dari Indonesia. Kita tergantung satu sama lain karena kita mahasiswa minoritas. Saya belajar bagaimana berartinya teman dalam hidup sehingga saya berusaha mencari teman tambahan setiap hari dan memperlakukan, membantu mereka dengan cara terbaik.

Empat hal tersebut memang bersifat subjektif yang berasal hanya dari sudut pandang saya sekaligus bersifat sekilas karena pendeknya durasi kegiatan belajar waktu itu. Namun hal-hal tersebut layak menjadi renungan kita semua untuk mengamati dan meniru hal-hal yang baik dari siapapun. Semoga menjadi sebuah pencerahan buat kita semua.


Miftachudin, MA.
  1. Penerima beasiswa ICCR India 2010, EFLU Hyderabad
  2. Penerima beasiswa Ford Foundation 2011, Manchester University, Educational Technology & TESOL

No comments:

Post a Comment