Pages

Strategi Lulus Wawancara Beasiswa


Sesi wawancara biasanya adalah sesi terakhir dalam proses seleksi penerimaan beasiswa. Menurut pengalaman saya, sesi tersebut adalah sesi keempat setelah 3 sesi sebelumnya yaitu Preliminary Document Selection Stage, Full Document Selection Stage, English Test, baru kemudian Interview. Berawal dari kurang lebih 9000an pendaftar, kemudian menjadi 1500 peserta setelah Preliminary stage. Seterusnya menjadi 750 peserta setelah melewati Full Document. Selanjutnya menjadi 250 orang setelah sesi English Test. Dan terakhir dipilih 50 orang dari sesi interview. Dari proses tersebut, kita simpulkan bahwa sesi interview sama pentingnya dengan proses yang lain. Bahkan menurut saya adalah sesi paling penting karena di sesi tersebut kita harus tampil secara langsung.

Inti dari sesi wawancaran adalah konfirmasi antara tampilan tertulis dan tampilan nyata para pendaftar beasiswa. Apakah kedua penampilan tersebut linier atau tidak. Para panelis merasa perlu bertemu pendaftar secara langsung untuk memastikan hal tersebut sekaligus menilai apakah mereka berhak mendapatkan beasiswa. Inilah alasan utama kita harus jujur dalam mengisi formulis aplikasi beasiswa dan sekaligus membuat kesan positif kepada mereka. Kesan seperti apa? misal kesan 'Apakah kita percaya diri?, 'Apakah kita punya visi ke depan?' 'Apakah kita tahu jurusan apa yang akan dipelajari?' dan lain-lain. Itu semua akan terlihat dalam sesi ini. Jadi persiapkan diri kita untuk itu semua karena sesi wawancara biasanya pendek dan di waktu yang pendek itu pulalah kita harus memberi kesan yang meyakinkan.

Maka sebelum memasuki sesi tersebut, kita harus mengenal atau memprediksi beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan contoh adalah sebagai berikut.
  1. Ceritakan tentang diri Anda!
  2. Apa kelemahanmu?
  3. Apa motivasi Anda dalam mengejar beasiswa?
  4. Jurusan Apa yang mau diambil?
  5. Mengapa memilih jurusan tersebut?
  6. Apa yang akan Anda lakukan setelah menyelesaikan belajar?
  7. Kenapa kami harus memilih Anda dibanding pendaftar yang lain?
  8. Apakah ada isu penting terkait jurusan yang akan Anda pilih?
Pertanyaan tersebut hanyalah contoh dari pengalaman saya. Artinya masih ada pertanyaan lain yang perlu kita prediksi terkait jenis beasiswa, negara, kampus, ataupun jurusan yang akan kita ambil.

Sebagai latihan silahkan jawab 8 pertanyaan tersebut di kolom komentar. Anggap saja Mocking Interview Session ya...hehe... di waktu luang, saya akan kasih review apakah jawaban temen-temen sudah sesuai atau belum.


Miftachudin, MA.

  1. Penerima beasiswa ICCR India 2010, EFLU Hyderabad
  2. Penerima beasiswa Ford Foundation 2011, Manchester University, Educational Technology & TESOL

oOo

No comments:

Post a Comment