Pages

3 Nasehat Mendapatkan Beasiswa (Part 2/3)

Nasehat yang kedua adalah selalu BERSYUKUR saat menghadapi kegagalan dan penolakan. Kalau kita mau merendahkan hati, sebetulnya gagal adalah sisi lain dari sukses dalam wilayah kehidupan manapun, sebagaimana halnya adanya siang dan malam, lelaki dan perempuan, ataupun dipuji dan dicaci. Biasa saja lah karena kalau tidak ini ya itu, kondisi kita selalu berada disalah satu sisi tersebut.

Umumnya kita saat kita gagal akan bersumpah serapah, tapi hari ini berlatih untuk bersyukur. Gagal kok disuruh bersyukur, mana bisa? bersyukurlah makan akan ditambah, iya kita gagal di satu sisi tetapi ternyata di sisi lain kita tambah pengalaman, tambah teman dan jaringan, tambah sesuatu yang kadang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Alasan lain yang mengharuskan Anda bersyukur adalah kecocokan karakter kita dengan karakter beasiswa. Kalau kita meneliti lebih dalam (minimal ini pemahaman saya) bahwa setiap beasiswa memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Misal saya pernah diterima beasiswa ICCR India yang hanya mensyaratkan IP minimal 2.75 artinya beasiswa ini melulu menitik beratkan pada kecerdasan otak tetapi juga mempertimbangan kondisi ekonomi para pendaftar.

Kemudian beasiswa Ford Foundation ternyata juga memiliki karakteristik yang berbeda pula. Beasiswa ini karakternya lebih kepada potensi pendaftar dalam memahami, menghadapi, dan mengatasi masalah-masalah keadilan sosial (social justice) baik sebelum mendaftar dan setelah lulus nantinya. Diawal pendaftaranpun kemampuan TOEFL bukanlah yang utama karena kemudian ada fase training bahasa.

Coba juga tengok beasiswa LPDP, selain mensyaratkan IP minimal, beasiswa ini juga mensyaratkan memiliki kemampuan kepemimpinan. Sedangkan Beasiswa Amineh Fulbright membutuhkan lulusan muda, cerdas dan inovatif.

Nah, sudah kelihatan kan petanya. Silahkan koreksi diri kita masing-masing apakah sudah sesuai dengan karakter beasiswa di atas. Jadi tetap bersyukur walaupun gagal dan ditolak hari ini karena bisa jadi kita belum cocok dengan karakter beasiswa tersebut. Tetap evaluasi kemudian mendaftar ulang dikesempatan berikutnya.

No comments:

Post a Comment