Pages

Solusi Tehnis Beasiswa Kuliah ICCR India


Dalam brosur dan formulir beasiswa ICCR yang didownload kita bisa mendapatkan informasi secara lebih detail dan menyeluruh. Dalam tulisan kita sarikan sekaligus mencari titik temu solusi persyaratan-persyaratan yang terkadang masih mengundang pertanyaan dan masalah bagi sebagian kita.
  1. Cari seorang supervisor untuk membaca, mengedit, dan mengevaluasi formulir aplikasi yang telah kita isi dengan lengkap
  2.  Pendaftaran dibuka mulai bulan November - 22 Januari. Akan tetapi karena aplikasi biasanya baru bisa di download awal Januari maka tidak ada salahnya mulai November kita sudah mulai kulik-kulik informasi.
  3. Terjemah ijasah SMU hingga pendidikan terakhir dan traskrip nilai
  4. Fotokopi minimal 10 eksemplar dan dilegalisir
  5. Cari 2 orang referees yang nantinya menulis rekomendasi (Strategi Membuat Surat Rekomendasi) tentang kemampuan dan kredibilitas kita untuk melanjutkan studi ke India.
  6. Cari 1 atau 2 orang teman Indonesia yang sedang belajar atau tinggal di India untuk dimasukkan alamatnya dalam aplikasi kita sebagai referensi kontak.
  7. Mengikuti Test bahasa Inggris seperti TOEFL ITP atau Prediction walaupun nantinya juga ada test TOEFL dari kedutaan besar India.
  8. Melakukan test HIV di poliklinik atau rumah sakit umum. Hal ini wajib dilakukan karena menjadi persyaratan yang harus dilampirkan. Saat sampai di India, kita juga akan ambil tes HIV ulang sambil mengurus dokumen kedatangan yang lain.
  9. Buat passport sebelum Januari karena harus dilampirkan. Biasanya butuh satu minggu untuk mengurus passport dengan cara kita aktif bolak-balik minimal 3 kali ke kantor imigras. Biaya yang perlu dikeluarkan sekitar 270-300 ribu.
  10. Pernyataan kondisi fisik harus dicantumkan dalam appendix. Jika bisa, dilakukan cek up bersamaan dengan cek HIV di pusat kesehatan yang sama untuk menghemat waktu.
  11. Siapkan pas foto ukuran 3x4 sejumlah 10 lembar. Lebih banyak jumlah dan ukurannya tentu lebih baik mengingat lebih efisien nantinya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  12. Mengirim aplikasi tersebut sebanyak 6 copy dan 1 copy untuk arsip. Perlu diingat copian tersebut juga harus berstempel basah legalisir.

No comments:

Post a Comment