Pages

Ikutan EPIC Camp untuk Menjadi Professional English Teacher


Menjadi pendidik yang profesional adalah impian dari semua guru. Professional English teacher akan selalu memberi pengajaran dengan metode yang menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Akan tetapi, untuk mewujudknnya, seorang guru bahasa Inggris harus bisa mengembangkan kemampuan yang ia miliki dengan selalu mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa menambah pengalaman dan ilmunya. Banyak kegiatan yang dapat diikuti untuk menjadi seorang guru bahasa Inggris yang profesional nantinya, salah satunya adalah kegiatan yang diadakan oleh RELO US Embassy. Kegiatan ini akan menjadi langkah awal bagi para calon pendidik, terutama mereka yang masih S1 Jurusan Bahasa Inggris, untuk mempersiapkan diri lebih awal.

Nah, untuk kalian yang masih S1, berbahagialah untuk menyambut kegiatan ini. Untuk lebih jelasnya mari kita simak hal apa saja yang telah dibahas oleh narasumber kita, mbak Novia Fajar Masyitoh, S.Pd, di NOBAR “Camp Epic 4” minggu lalu. 

Q: Apa itu EPIC Camp? Apa saja persyaratannya? Dan kapan dilaksanakan?
A: Camp Epic adalah training bagi preservice (calon) English teacher seluruh Indonesia yang diadakan oleh RELO US Embassy untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta pendidik bahasa Inggris di Indonesia. Untuk Camp Epic 4 ini akan diadakan sekitar bulan Januari di Surabaya. 
Q: Apakah kriteria calon pendaftar yang paling menentukan untuk diterima?
A: sebagian besar yang sudah menjadi alumni camp Epic adalah mahasiswa-mahasiswa yang aktif, inovatif, dan yang mempunyai komunitas. Hal ini bertujuan agar alumni campers dapat berbagi dengan komunitasnya ketika kembali setelah training selesai. selain itu dari pihak RELO memilih yang visioner, mempunyai rencana kedepan dan gebrakan yang berbeda dari yang lain. yang penting ketika kita mengisi form kita jujur dengan apa yang sudah kita lakukan dan yang kita punya. 
 Q: Untuk acara EPIC Camp itu berlangsung berapa lama?
A: Training camp Epic berlangsung selama 15 hari 
Q: Metode pembelajaran terbaru seperti apa yang nantinya akan diajarkan di kegiatan Epic Camp ini? Apa sudah cocok untuk diterapkan bersamaan dg Kurikulum 2013?
A: Semua skill dalam bahasa Inggris akan diajarkan, mulai dari speaking, listening, reading dan writing. Penyampaiannya pun dengan media games, sehingga murid tidak bosan dan tetap enjoy dalam belajar bahasa Inggris. Jadi pembelajaran tetap fun. Metode yang di ajarkan sudah sesuai dengan kurikulum 2013 yang menempatkan guru sebagai fasilitator and friends dan menerapkan student center edition learning, sehingga siswa dapat mengexplore ilmu seluas2nya. 
Q: Apa yg menjadi tujuan utama dari program Epic?
A: Tujuan utamanya adalah memberikan wadah bagi preservice English teacher untuk selalu berinovasi di bidang pendidikan dan pengajaran serta mempersiapkannya menjadi profesional teacher. 
Q: Adakah tips jitu atau strategy untuk mengajar bahasa inggris agar kelas tidak boring dan tetap kondusif?
A: Ikuti langkah ini 1) Introduction 2) Presentation 3) Practice 4) Evaluation 5) Application. Di langkah yang 3) Practice itulah kemudian kita olah menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan berbagai metode, misalnya aktifitas active class, dengan berbagai macam kegiatan yang sesuai dengan topik 
Q: Will the Relo Epic Camp be held twice in a year or once a year? And why does U.S embassy select Indonesia and Timor Leste as the subject of this program?
A: Camp Epic is annual training that held in the beginning of the years. I don't know exactly why this training is only for Indonesia and Timor Leste. However, RELO Jakarta has many fellows (English language fellows) teaching English in all over universities in Indonesia and Timor Leste. That why, this training is conducted only for those countries. 
Q: Ilmu apa saja yang akan di ajarkan dalam forum EPIC RELO US Embassy?
A: Nanti teman2 akan diajarakan metode mengajar 4 skill secara spesifik, songs, dance dan games yang cocok untuk 4 skill tersebut, termasuk games out door dan indoor. bahkan, bisa kolaborasi belajar bahasa inggris sambil olahraga. there are many unexpected activities :D 
Q: How to arrange the statement of purpose?
A: Lihat di aplikasi, apa saja yang perlu dicantumkan, ini penting karena kita harus memberikan apa yang mereka minta agar qualified. Atau gambarannya membuat statement of purpose bisa di baca di link berikut http://www.rumahbelajarabi.com/2011/08/personal-statement-10-aturan-dan.html 
Q: Bagaimanakah dengan mahasiswa yang kurang cakap dalam berbahasa Inggris dan bagaimana untuk mengurangi rasa takut saat berbicara di depan umum ?
A: Language is a matter of habit. Sudah semester tinggi berarti sudah knowledgeable, selebihnya adalah jam terbang melatih kebiasaan. Manfaatkan ruang2 yang kecil misal di kelas untuk selalu bertanya setelah sesi presentasi dosen, gunakan sesi bertanya saat mengikuti seminar, ataupun kesempatan lain di depan umum. 
Q: Apakah EPIC juga membantu mempersiapkan mahasiswa untuk dapat bersaing di dunia pekerjaan, terutama guru?
A: yaps, epic akan selalu membantu alumninya sesuai dengan motonya
  • Empowered, selalu memberikan kekuatan, support
  • Prepared, mempersiapkan sebaik mungkin untuk menjadi guru yang profesional
  • Inspired, selalu menginspirasi dengan hal hal yang baru dan inivatif
  • Connected, akan selalu stay connected meskipun kalian sudah menjadi alumni. Jadi untuk saat ini ada Epic Mover, itu adalah wadah bagi semua alumni Camp EPic untuk tetap melanjutkan project2 besarnya di seluruh Indonesia 
Q: Tips keren apa saja yang bisa membuat kita dapat di terima di Program EPIC RELO Embassy?
A:"Jual diri"lah dengan menyamtumkan apa saja yang sudah dikerjakan, buat dan poles secantik mungkin. 
Q: Hal apa saja yang dapat diberikan kedutaan Amerika kepada peserta Camp Epic setelah menyelesaikan program selama 2 minggu?
A: Setelah pulang dari camp, teman2 bisa mendapatkan manfaat stay Connected dengan seluruh campers dan para fellows. Teman2 bisa bertukar ide, bisa mendapatkan lebih banyak jaringan. Karena setelah camp selesai, teman2 harus mengadakan replika. Temen2 juga bisa mengundang fellows atau campers lain dari daerah yang berdekatan atau kalian bisa berkunjung ke sana. Dari kegiatan inilah proses pematangan materi yang sudah dibawa pulang sedang berproses. 
Q: Apakah Camp EPIC membutuhkan nilai TOEFL tinggi?
A: Score TOEFL hanya sebagai pertimbangan tambahan, Tapi most of campers have TOEFL score for about 470-580 something. 
Q: Kak berkas apa saja yang dibutuhkan untuk daftar RELO Epic Camps ya kak?
A: Berkas2 nya silahkan lihat di Application form, sudah ada di web bersama dengan slide dan contoh application form yang tahun kemarin. tidak perlu menyertakan apapun, hanya mengisi form dan mencari 2 surat rekomendasi, dari Head of Department dan lecturer. Oh ya, ini khusus untuk mahasiswa pendidikan atau satra bahasa inggris tahun akhir atau yang sedang menyelesaikan skripsi 
Q: Di lembar formnya kan ada recommendation letter, nah itu ngirimnya dlm bentuk jpeg atau word ya kak?
A: Mengirimnya dalam bentuk PDF karena itu harus ada tanda tangan dari kamu selaku calon campers, Kepala Jurusan Program pendidikan bahasa inggris atau sastra inggris, serta satu dosen sebagai penguat application form. Contoh dan cara membuat surat rekomendasi http://www.rumahbelajarabi.com/2012/09/strategi-membuat-surat-rekomendasi.html.
Q: Bagaimana sistem penyeseleksian anggota RELO ya? dan untuk biaya hidupnya ada sendiri atau kita yang tanggung?
A: Sistem seleksinya hanya menggunakan application form saja, tanpa wawancara. untuk biaya hidup dan transportasi semua sudah ditanggung RELO, all expenses already paid. tambah dikasih uang saku. kurang enak mana hayooo, hehee 
Q: Setiap tahun ada berapa orang yang di terima di camp EPIC?
A: Macam2, tahun pertama sekitar 30an, tahun ke 2 sekitar 40an, tahun ke 3 kemarin sekitar 46. tergantung mereka menyediakan kuota berapa. 
Q: What should we do to be the most priority in camp epic selection? In the other hand, I have a weakness to come out what I feel through oral speech*
A: jual diri semenarik mungkin, hehehe. untuk apa? agar mereka interest dengan kita. Tadi sudah di singgung ya, untuk masalah speaking brarti tmn2 sudah tau kelemahanya dimana, berarti sekarang tugasnya baimana menyelesaikan masalah itu. kita tau kelemahan kita tapi kita juga harus tau bagaimana solusi mecari jalan keluarnya. jam terbangnya di tambah yes. 
Q: Ada kah tips khusus agar kita2 ni accepted by relo? dan Haruskah punya passport
A: Tadi sudah beberpa di sebutkan, tapi akan tetap kita guide. tenang saja yaa hehhe. no need passport to apply this event. 
Q: Miss, untuk jurusan itu apakah pengaruh? from Islamic Education
A: Untuk jurusan kebetulan yang qualified hanya untuk mahasiswa pendidikan dan sastra inggris saja. Karena semua kegiatannya memang untuk mahasiswa tersebut. Most of campers are from English Education, yang sastra kemarin hanya 5 orang
Q: Kalau misal Komunitas, kegiatan kita kita ngga inline sama misal belajar mengajar dan bahasa Inggris gimana yah mbak? dan apakah disana full english activities?
A: Di sana full english, karena semua trainernya dari US. Talking about comunity nanti kita bantu di sesi selanjutnya ya. Remind me. I'm afraid that the time is about to come to an end.
Nah. Itulah tadi pertanya-pertanyaan seputar Camp EPIC 4 yang akan dilaksanakan sekitar bulan Januari tahun 2018. Hanya sisa waktu kurang lebih dua bulan, dan itu bukanlah waktu yang lama, segera siapkan dirimu untuk mengikuti kegiatan ini. “Dimana ada kemauan, pastilah ada jalan”, jadi langkah selanjutnya untuk teman-teman semua adalah menyiapkan diri dan juga menyiapkan berkas-berkas yang wajib dimiliki untuk melanjutkan niat mulia kalian. Mudah-mudah bermanfaat dan salam semangat dari Rumah Belajar ABi untuk para pejuang beasiswa di seluruh penjuru dunia. Sampa jumpa di NOBAR Beasiswa selanjutnya yaa.....

oOo

No comments:

Post a Comment